Navigation

SMKN 3 KUNINGAN GELAR BMSC II SE-JAWA BARAT






Tercatat sebanyak 88 regu dan sangga tingkat penggalang dan penegak yang berasal dari 31 sekolah tingkat SMP/MTS sederajat dan SMA/SMK/MA serta peserta dari luar Kabupaten Kuningan diantaranya peserta dari Kabupaten Majalengka, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Ciamis, dan Kabupaten Cirebon mengikuti Black Mount Scout Competition II se-Jawa Barat, kegiatan jelajah alam tersebut dibuka Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH.,Minggu (3/5/2015). Di SMKN 3 Kuningan.
Ketua Panitia BMSC II Bayu mengatakan, kegiatan ini merupakan perwujudan program kerja Ambalan Arya Kamuning dan Nyimas Wanawati 2014-2015 pangkalalan SMKN 3 Kuningan, dengan tujuan mengaktualisasikan prestasi dan kreativitas serta bakat para anggota pramuka kemudian mempererat hubungan silaturahmi antar para anggota pramuka, memotivasi anggota pramuka dalam meningkatkan minat, bakat dan prestasi,” paparnya.
Selain itu, lanjut Ia, kegiatan ini juga merupakan sarana evaluasi kesiapan dan kemampuan para anggota gerakan pramuka penggalang serta sosialisasi pramuka SMKN 3 Kuningan dengan mengambil rute start SMKN 3 Kuningan kemudian menuju Cisantana/palutungan kemudian Sukamanah, lalu ke Panulisan dan kemudian ke Babakan Mulya, kemudian ke Taman Mayasih dan finis di Lapang Cigugur.
“Saat ini jelajah alam memiliki tempat istimewa di hati para pramuka, rutinitas sekolah dan lingkungan perkotaan yang terpolusi mendorong pencarian aktivitas yang memberikan impuls positif, interaksi dengan menjadi solusi dari kejenuhan. Berpetualang juga memberikan penyegaran sekaligus melatih fisik anggota pramuka.” ujarnya.
Menurutnya, tingginya minat masyarakat untuk berpetualang di alam terbuka perlu dimediasi sehingga potensi ini harus dikelola agar mampu memberikan penyegaran dan impuls positif untuk kembali beraktivitas. “Upaya menanamkan kecintaan dan kepedulian terhadap lingkungan bisa efektif melalui kegiatan ini.”
Sementara itu Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, MH, mengatakan, lomba lintas alam merupakan jenis olahraga yang penuh tantangan, medan yang dihadapi jauh berbeda dengan jenis olahraga lainnya. “Perlu kecakapan yang luar biasa untuk mengatasi kondisi alam yang kurang bersahabat, namun dibalik semua itu dengan modal keberanian dan kemampuan mengatasi rintangan yang dilalui sendirinya akan melahirkan rasa percaya diri dan kebanggaan,” tandasnya.
Menurutnya, lomba lintas alam ini banyak manfaatnya, disamping menumbuhkan rasa percaya diri juga terdapat wisata yang membawa kesegaran bagi para peserta di sekitar lokasi kegiatan. “Pemerintah Kabupaten Kuningan memberikan penghargaan kepada panitia yang telah memprakarsai kegiatan ini dan diharapkan melalui kegiatan BMSC ini dapat meningkatkan kecintaan pada alam semesta dan pencipta-NYA, sekaligus dalam rangka membuka wawasan dalam meningkatkan kecintaan generasi muda terhadap kelestarian lingkungan.” ***beben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: