Navigation

PELAKU USAHA MUDA IKUTI SELEKSI WIRAUSAHAWAN



Pemerintah Kabupaten Kuningan terus berusaha mencetak wirausahan muda. Hal ini bisa mendorong  target pencetakan 100 ribu wirausahawan baru yang dicanangkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. “Kita berupaya tahun ini mendorong lahirnya wirausaha baru sebanyak-banyaknya,” ungkap Kepala Bidang Perindustrian Desperindag Kabupaten Kuningan Dadi Surachmat. Di Wisma Permata, Kamis (21/5/2015).
Lebih lanjut, Dani mengatakan, pencapaian target wirausaha baru ini akan dilakukan secara bertahap, dimana jika tidak tercapai pada 2015 maka akan dilanjutkan pada tahun berikutnya. Untuk mencapai target tersebut pemkab bekerjasama dengan pihak terkait. Khususnya kalangan dunia usaha, perbankan, dan kalangan perguruan tinggi (PT).
Menurutnya, proses seleksi calon wirausahawan baru akan digelar selama sepekan dan diikuti oleh seratus pelaku usaha IKM se-Kabupaten Kuningan. “Dari seratus peserta, kami hanya akan menyeleksi 30 wirausahawan baru, mereka yang lolos akan mengikuti tahap berikutnya seperti pelatihan kewirausahaan dan pembentukan kelompok usaha, tahap kedua penyusunan proposal,” terangnya.
Pada prosesnya, para peserta dilatih dengan mengarahkan mereka ke berbagai jenis usaha, seperti usaha kelompok makanan, minuman, alas kaki, anyaman, konveksi, dan online. Para peserta dibebaskan memilih kelompok usaha sesuai minat. “Ini merupakan suatu terobosan untuk menambah angka wirausahawan, serta mengurangi angka pengangguran di Kuningan.”
Sementara itu Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP mengatakan, kegiatan ini merupakan bentuk upaya nyata Pemerintah Kabupaten Kuningan dalam upaya memfasilitasi masyarakat Kabupaten Kuningan dalam mencetak wirausahawan-wirausahawan diberbagai bidang usaha. “Potensi-potensi usaha di Kabupaten Kuningan cukup terbuka namun butuh kesungguhan dalam memanfaatkannya, untuk dapat mengembangkan usaha tersebut dibutuhkan pengetahuan serta keterampilan memadai, dengan demikian kegiatan kewirausahaan ini menjadi penting untuk diikuti,” ungkapnya saat membuka kegiatan kewirausahaan.
Menurutnya, kegiatan kewirausahaan ini sejalan dengan visi misi Kabupaten Kuningan yang mandiri, agamis, dan sejahtera, Pemerintah Kabupaten Kuningan terus berupaya melakukan berbagai terobosan dalam memaksimalkan potensi yang ada serta memberdayakan masyarakatnya terutama kaula muda.
“Peserta diharapkan mampu mengikuti kegiatan kewirausahaan ini dengan sebaik-baiknya sehingga mampu mempraktekannya secara langsung secara mandiri, kemudian mampu mengembangkan usahanya tersebut dan pada akhirnya mampu menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi tingkat pengangguran di Kabupaten Kuningan.” ***beben  
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: