Navigation

PUSLING TUMBUHKAN MINAT BACA





Dalam upaya menumbuhkan minat baca pelajar dan masyarakat Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah meluncurkan dua unit Perpustakaan Keliling (Pusling) yang dilepas Sekretaris Daerah Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si, Rabu (26/8/2015) di halaman belakang Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah.
Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Dudin Mufakir, SH mengatakan, perpustakaan keliling ini rencananya akan disebar ke 100 titik yaitu sekolah dan desa se-Kabupaten Kuningan. “Kegiatan ini sudah tiga kali dilaksanakan oleh kantor arsip dan perpustakaan dalam upaya menumbuhkan minat baca pelajar serta masyarakat, berdasarkan hasil evaluasi saat ini permintaan buku dari sekolah dan masyarakat cukup tinggi,” ungkapnya.
Menurutnya, hasil evaluasi tersebut menjadi tantangan kedepan untuk kantor arsip dan perpustakaan agar dapat menyiapkan serta menambah jumlah buku supaya mampu memenuhi kebutuhan anak-anak sekolah serta masyarakat. “Kedepan kami akan terus berupaya menyediakan buku lebih bervariatif lagi untuk terus menambah minat baca pelajar dan masyarakat karena memang disadari bahwa minat baca pelajar dan masyarakat di Kabupaten Kuningan saat ini masih rendah.”
Sementara itu, Sekretaris Daerah Drs. H. Yosep Setiawan, M.Si mengatakan sarana dan prasarana Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Kuningan dirasakan cukup representatif dibandingkan dengan daerah-daerah lain namun belum sempurna.
“Ini merupakan pekerjaan rumah bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan untuk terus menyediakan sarana dan prasarana yang memadai serta nyaman bagi seluruh warga Kabupaten Kuningan, saya liat koleksi buku di Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah ini cukup banyak dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.
Menurutnya, kegiatan pusling ini cukup strategis untuk meningkatkan minat baca pelajar dan masyarakat karena dengan hadirnya mobil-mobil yang hadir di sekolah dan desa akan merangsang masyarakat untuk melihat serta membaca buku yang telah disediakan di mobil tersebut.
Sekda berpesan agar Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah untuk memelihara gedung dengan baik serta terus menambah jumlah buku sehingga tujuan meningkatkan serta menambah minat baca masyarakat Kabupaten Kuningan dapat terwujud. ***beben
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: