Navigation

1014 UNIT RUTILAHU DIBANTU







Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat melalui Dinas Cipta Karya Kabupaten Kuningan memberikan stimulan bantuan untuk rumah tidak layak huni ( Rutilahu ) sebanyak 1014 unit rumah yang tersebar di 2 kecamatan yaitu Kecamatan Ciwaru dan Cibingbin. Secara simbolis bantuan sebesar 10jt per kepala keluarga tersebut diberikan kepada pada penerima di Halaman Balai Desa Baok dan Desa Sumberjaya Kecamatan Ciwaru, Jumat 30 Oktober 2015.

Dalam laporannya Kepala Dinas Tata Ruang dan Cipta Karya ( DTRCK ) M. Ridwan Setiawan mengatakan, maksud dari program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya ( BSPS ) adalah agar dapat memenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi masyarakat, adapun tujuannya adalah untuk memberdayakan masyarakat agar mampu membangun dan meningkatkan kualitas rumah secara swadaya sehingga dapat menghuni rumah yang layak dalam lingkungan yang sehat dan aman.
Lebih lanjut Ridwan menjelaskan bahwa dana sebesar 10jt diperuntukan khusus pembelian bahan material berupa batu, bata, pasir, semen, besi, dan kayu. Dalam pelaksanaan program tersebut ada beberapa pihak yang terlibat antara lain SKPD yang membidangi perumahan yaitu DTRCK yangt dibantu oleh Camat dan Kepala Desa, kelompok penerima bantuan ( KPB ), 12 tenaga pendamping dan Bank BTN sebagai penyalur dana.

Sementara itu Bupati Kuningan dalam sambutannya mengatakan, program ini hendaknya dapat dimaknai sebagai suatu upaya kerjasama bagi semua pihak dalam upaya pemenuhan kebutuhan rumah layak huni di Kabupaten Kuningan, kegiatan ini sekaligus merupakan wahana evaluasi capaian secara menyeluruh terhadap upaya pemberdayaan masyarakat pada tingkat desa.

Kita maklumi bersama bahwa pemenuhan kebutuhan perumahan yang layak hui di Kabupaten Kuningan masih belum dapat terrealisasi sepenunya sebagai akibat dari pertambahan penduduk pada setiap tahunnya yang belum dapat diimbangi dengan ketersediaan perumahan. Keterbatasan kemampuan ekonomi masyarakat merupakan salah satu pemenuhan kebutuhan perumahan yang menyebabkan kesenjangan di bidang perumahan yang terus meningkat.
Untuk memenuhi kebutuhan perumahan khususnya bagi masyarakat berpenghasilan terbatas, maka Pemerintah Kabupaten Kuningan telah bekerjasama dengan Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun 2015, akan memberikan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya sebanyak 1014 unit rumah di 2 Kecamatan yang akan diberikan kepada wilayah Kecamatan Cibingbin dan Ciwaru.

Masyarakat juga diharapkan turut berperan secara aktif yang dimotori oleh camat, Kepala Desa, RW, RT dalam pelaksanaan kegiatan ini terutama dilingkungannya masing-masing dalam upaya pembangunan rumah yang layak huni.
“ Saya minta kepada Camat, Kepala Desa, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat untuk ikut membantu dalam pelaksanaan program ini, berikan bantuan berupa pikiran, tenaga dan materi agara pembangunan rumah layak huni ini dapat berjalan dengan baik “. Tutup Utje. *DoniS*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: