Navigation

PELUNCURAN PEMBANGUNAN KEBUN RAYA KUNINGAN





Arah pembangunan Pemerintah Kabupaten Kuningan yang konsisten dengan pelestarian lingkungan terus ditunjukkan dengan peluncuran pembangunan Kebun Raya Kuningan, Rabu (25/11/2015) di Desa Padabenghar Kecamatan Pasawahan.
Hadir Wakil Bupati Kuningan H. Acep Purnama, M.H., Ketua TP PKK Kuningan Ny. Ika Siti Rahmatika, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati Prof. Dr. Eny Sudarmonowati, Kepala Kebun Raya Bogor Dr. Didik Widyatmoko, Staf Ahli Gubernur Bidang Pembangunan dan Ekonomi Hj. Eni Heryani, serta seluruh  Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP, mengatakan kegiatan peluncuran ini sesungguhnya adalah entry point menuju pembangunan kebun raya kuningan yang lebih representatif dalam rentang waktu sangat lama bahkan lintas generasi. “Kami berharap pemerintah pusat tidak segan-segan untuk terus mengucurkan bantuan penganggaran, advokasi teknis, pendampinga, dan bantuan fasilitas lain,” ungkapnya.
Menurutnya, kebun raya kuningan merupakan satu-satunya kebun raya daerah di Jawa Barat dan kedepan kami merasa optimis eksistensi kebun raya kuningan akan menjadi land mark baru bagi masyarakat Jawa Barat menyusul para pendahulunya Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas. “Kebun raya kuningan memiliki ciri khas yang menjadi ikon tersendiri yaitu batu-batuan besar yang tidak dimiliki kebun raya lainnya, sehingga hal tersebut menjadi keunggulan bagi kebun raya kuningan.”
Bupati menuturkan, yang terpenting dari kehadiran kebun raya kuningan harus memberikan dampak positif bagi seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan dalam upaya memenuhi hidup dan penghidupannya.
Sementara itu Kepala LIPI Prof. Dr. Ir. Iskandar Zulkarnaen memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kuningan yang memiliki komitmen dalam upaya pengembangan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten konservasi. “Pembangunan kebun raya kuningan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah pusat maupun daerah secara berkeadilan antar generasi, diharapkan dengan pembangunan kebun raya ini dapat dirasakan oleh generasi-generasi selanjutnya.”
Terkait dengan pengembangannya, lanjut Ia, LIPI akan terus berupaya melakukan penelitian-penelitian untuk mengatasi berbagai permasalahan yang timbul dengan pengembangan ilmu pengetahuan. “Kami berharap kebun raya kuningan ini mampu menjalankan fungsinya sebagai wahana pendidikan, rekreasi, ekonomi, konservasi, serta penelitian.” ***beben   
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: