Navigation

RAKERDA PMI, BUTUH STRATEGI SERTA PROGRAM KERJA MUMPUNI





Sebagai mitra kerja strategis pemerintah, Palang Merah Indonesia (PMI) membutuhkan strategi serta program kerja yang mumpuni untuk terus dapat menjalankan roda tugas kemanusiaan. “Rakerda ini diharapkan mampu menghasilkan program kerja dalam menjalankan tugas-tugas PMI satu tahun kedepan.”

Hal tersebut disampaikan Bupati Kuningan Hj. Utje Ch Suganda, S.Sos, M.AP saat membuka Rapat Kerja Daerah PMI Kabupaten Kuningan, Rabu (16/12/2015) di Al Kenzie Convenssion Hall Mayang Cathering. Hadir Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Agus Mauludin, SE, Camat se-Kabupaten Kuningan serta seluruh jajaran pengurus PMI se-Kabupaten Kuningan.  

Menurutnya, PMI merupakan aset bangsa dan negara yang perlu dijaga dan dikelola dengan cara profesional, amanah, netral, dan mandiri. Selain itu, PMI juga terus dituntut untuk berada di garis terdepan dalam hal penanganan bencana, pengelolaan darah, dan tugas kemanusiaan lainnya dengan tidak membedakan latar belakang atau golongan.

Lebih lanjut, Bupati meminta kepada seluruh kepala dinas/badan/kantor/lembaga dan para camat beserta ketua PMI kecamatan untuk bekerja sama ikut mensosialisasikan dan berpartisifasi aktif dalam mensukseskan pencapaian target bulan dana PMI tahun 2015. “Terus pantau dan evaluasi perkembangan gerakan bulan dana PMI di Kabupaten Kuningan supaya target yang ingin dicapai dapat terpenuhi. Karena hasil dari bulan dana PMI ini merupakan salah satu sumber untuk mendukung program kegiatan kemanusiaan Palang Merah Indonesia khususnya di Kabupaten Kuningan,” harapnya.

Selain itu, terkait menurunnya donor darah sukarela, Bupati minta Kepada Kepala Unit Donor Darah, Kepala SKPD, Para Camat dan Ketua PMI Kecamatan agar terus menerus mensosialisasikan program donor darah sukarela. “Jadikan donor darah sebagai gaya hidup dan budaya hidup sehat di masyarakat, revitalisasi dan aktifkan kembali bank darah yang ada di desa-desa siaga guna menunjang kebutuhan darah di Kabupaten Kuningan,” pintanya.

Lebih lanjut, Bupati mengatakan menghadapi musim hujan, BPBD Kabupaten Kuningan untuk bekerjasama dengan seluruh komponen baik PMI, Tagana, TNI/Polri dan masyarakat siaga bencana (sibat) untuk bekerja sama mensosialisasikan kewaspadaan akan datangnya bahaya bencana karena bencana dapat datang sewaktu-waktu tanpa diketahui.

Sementara itu Ketua Panitia Rakerda PMI Drs. H. Yayan Sofyan, MM mengatakan, maksud dan tujuan diselenggarakannya Rakerda PMI ini adalah untuk mengevaluasi dan meningkatkan kinerja PMI Kecamatan dengan menghadirkan peserta seluruh pengurus PMI Kabupaten dan seluruh pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Kuningan.

Menurutnya, nara sumber rapat kerja PMI terdiri dari Bupati Kuningan selaku pelindung PMI dan unsur pengurus PMI Kabupaten Kuningan dengan sumber biaya dari anggaran PMI Kabupaten Kuningan. ***beben.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments: