Navigation

DANA CSR SEBAGIAN UNTUK PENANGANAN BENCANA




Kondisi keterbatasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dalam hal penanganan dan penanggulangan bencana menuntut adanya keterlibatan berbagai pihak meliputi masyarakat dan lembaga usaha melalui program CSR-nya untuk membantu pemerintah daerah dalam mengatasinya. “Sebagian dana CSR diupayakan untuk dialokasikan bagi penanganan dan penanggulangan bencana.”
Hal tersebut diutarakan Sekretaris Daerah Drs. Yosep Setiawan, M,.Si sekaligus Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan saat membuka Rapat Kegiatan Penyebarluasan Informasi Partisipasi dan Peran Serta Lembaga Organisasi Kemasyarakatan, Dunia Usaha dan Masyarakat di Hotel Horison Tirta, Sangkanurip, Rabu (25/5/2016). Hadir dalam acara tersebut sekitar 60 perusahaan baik lokal kuningan maupun yang berlokasi di wilayah cirebon dari berbagai bidang usaha industri hingga perbankan.
“Anggaran tak terduga pada APBD Kuningan yang salah satu pengalokasiannya untuk penanganan kebencanaan hanya cukup untuk tindakan darurat bencana saja. Itu pun terkadang belum dapat mencakup keseluruhan, seperti terhadap bencana tanah longsor yang menyebabkan banyak rumah warga yang rusak, jembatan ambruk atau jalan amblas penanganannya tentu tidak mungkin dilakukan sendiri sehingga membutuhkan bantuan dari pihak luar seperti lembaga usaha,” ujarnya.
Sekda berharap, kewajiban setiap perusahaan melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) turut mencantumkan anggarannya untuk penanganan bencana. Mengenai nominal dan bentuk kegiatannya, Yosep menyerahkan kepada perusahaan untuk menentukan sendiri.
“Hal ini sesuai dengan aturan dalam UU nomor 24/2007 tentang penanggulangan bencana, bahwa penanggulangan bencana harus melibatkan semua pihak, termasuk lembaga usaha dan lembaga internasional. Nominalnya terserah, yang terpenting ada perhatian, kepedulian dan kekompakan antara pemerintah dan dunia usaha dalam menangani bencana di Kabupaten Kuningan,” jelasnya.
Seperti yang telah dilakukan PT Indocement Tbk yang berlokasi di Palimanan, Kabupaten Cirebon, telah berkontribusi memberikan bantuan ambulan dan semen kepada Pemkab Kuningan dalam program CSR-nya. Hal ini, kata Sekda, diharapkan bisa menjadi contoh dan diikuti oleh perusahaan lain yang menjalankan usaha di kuningan maupun mendapatkan manfaat dari sumber daya alam wilayah Kabupaten Kuningan.
Sementara itu Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan, BPBD Provinsi Jawa Barat Dani Herdiana, selaku pemateri dalam rapat tersebut, perusahaan dapat berperan aktif dalam penanggulangan bencana baik sebelum terjadi bencana, pada saat kondisi darurat dan juga kondisi setelah terjadi bencana. Dicontohkan Dani, bantuan sebelum terjadi bencana adalah melalui kegiatan simulasi, pemberiaan pelatihan dan penyuluhan, penyebaran informasi dan terlibat di kegiatan mitigasi serta lainnya.
“Sedangkan pada saat terjadi bencana, masyarakat dan dunia usaha dapat berperan dalam penyediaan logistik, dapur umum, pertolongan pertama, SAR dan evakuasi hingga komunikasi. Sedangkan peran setelah terjadi bencana bisa diwujudkan dalam kajian pasca bencana, terlibat dalam kegiatan rekonstruksi serta rehabilitasi ekonomi.” ***
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus