Navigation

HAJAT DESA MALEBER



Di sebuah desa dikabupaten Kuningan Jawa Barat, tepatnya dekat Pasar Maleber terdapat sebuah tradisi yang sudah ada sejak lama dan sampai sekarang masih terus berlanjut. Tradisi tersebut sering dikenal dengan “Hajat Desa”. Hajat Desa ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh masyarakat sekitar pada tanggal 1-2 Syawal untuk memperingati Hari Raya Idul Fitri. Hajat Desa ini intinya merupakan sebuah acara Khitanan Massal anak-anak di desa tersebut. Uniknya pada khitanan ini adalah setiap peserta khitan harus menggunakan kostum yang bertemakan tentang kebudayaan sekitar. Dan akan diarak mengelilingi desa dengan menggunakan delman atau istilah lain dengan Ngencar. Ngencar sendiri merupakan kegiatan mengarak anak sunat keliling desa dengan menggunakan delman atau andong.
Malam sebelum diadakannya acara ini yaitu dimulai dengan khataman Al-Qur’an oleh para peserta khitan yang dimulai dari ba’da isya sampai dengan selesai. Di tempat lain, tepatnya di balai desa atau didekat masjid diadakan Kosidahan yang bertujuan sebagai rasa syukur kita kepada Allah SWT. Dan di pinggir jalan terdapat para pedagang kaki lima yang berjualan dari Pasar Maleber hingga ke alun-alun desa.
Selain kosidahan juga terdapat pertunjukan drama oleh pemuda-pemuda sekitar desa. Yang pada saat itu mengangkat tema tentang “Kekayaan Alam Indonesia. Acara pada malam tersebut berakhir pada pukul 24.00. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti pada esok harinya.
Keesokan harinya pada hari ke-2 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara Ngencar yang tadi telah dijelaskan diatas. Sebelum itu para peserta khitan akan didandani layaknya seorang wayang orang, ustadz, pahlawan kemerdekaan dan lain-lain sebelum diarak mengelilingi desa. Dan uniknya disini peserta khitan akan diarak dengan diiringi pawai dari kreativitas pemuda desa. Seperti traktor dari kardus, tank dari triplek dan lain lain. Dan pengunjung sekitar juga dapat menikmati arak-arakan ini hanya dengan menyewa delman dengan harga relatif antara Rp 100.000,- sampai Rp 150.000,- atau tergantung negosiasi pengunjung dan kusir. Namun anda harus memesan delman tersebut jauh-jauh hari, karena biasanya delman tersebut disewa oleh para pengunjung pada 1 bulan sebelum acara diadakan. Atau anda tidak akan dapat menyewa delman tersebut.
Keesokan harinya pada hari ke-3 setelah lebaran yaitu akan diadakan acara inti berupa Khitanan Massal. Semua peserta khitan akan dikhitan secara massal disuatu tempat. Seperti inilah Kegiatan Kemasyarakatan atau Kebudayaan masyarakat sekitar yang disebut dengan Hajat Desa dan hingga kini masih berlangsung. *DoniS*

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

2 comments:

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
      berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
      hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
      seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus