Navigation

WARGA KUNINGAN BEREBUT GUNUNGAN TUMPENG






Ada yang unik dari penyelenggaraan babarit, biasanya babarit diselenggarakan pada malam hari, namun kali ini babarit atau hajat desa digelar pagi hari di tengah-tengah acara rutin Car Free Day, acara babarit juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Jadi ke-518 Kuningan dan HUT ke-71 RI . Minggu (28/8/2016) di depan Pendopo Kabupaten Kuningan. Ribuan warga kuningan tumpah ruah memadati jalan siliwangi tempat diselenggarakannya babarit, ciri khas dari babarit yaitu tumpeng atau gunungan nasi kuning dari ukuran terbesar sampai terkecil dihadirkan untuk disantap secara bersama-sama.
Tampak hadir Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. M.H., Ketua TP PKK Kuningan Hj. Ika Siti Rahmatika, Sekretaris Daerah Kuningan Drs. Yosep Setiawan, M.Si, Kapolres Kuningan AKBP M. Syahduddi, S.IK serta para kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan.
Prosesi babarit diawali dengan mengetengahkan beberapa penari yang keluar dari kerumunan warga, tak ketinggalan kuncen membawa sasajen pembakaran menyan yang tak henti mengepulkan asap, tak lama kemudian empat penari yang membawa air dan seterusnya memasukan air kedalam bokor di depan gunungan tumpeng kemudian meminta Bupati Kuningan untuk mencelupkan beberapa helai daun untuk dicipratkan-cipratkan ke empat penjuru arah mata angin, simbol tersebut mengandung arti mengusir hal-hal yang bersifat jelek dan buruk atau dengan kata lain “miceun ririwit”.
Setelah itu bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H, M.H, dalam sambutannya mengatakan Babarit berasal dari kata babar yang artinya dilahirkan, kegiatan babarit atau hajat desa ini merupakan adat istiadat yang turun-temurun pada masyarakat sunda terutama wargta kuningan yang harus terus dilestarikan keberadaannya.
”Budaya babarit harus terus dilestarikan karena merupakan salah satu aset budaya yang memiliki nilai-nilai budaya adat-istiadat masyarakat yang cukup tinggi juga merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunianya dan penghargaan pada leluruh setempat. “Seperti kata pepatah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya, sehingga dapat dikatakan acara babarit merupakan implementasinya,” katanya.
Menurutnya, di alam kemerdekaan ini kita hanya tinggal mengisi dengan berbagai kegiatan positif saja. “Dahulu para pejuang merebut kemerdekaan dengan segala kemampuan yang ada bahkan darah dan nyawa dikobarbankan,” tandasnya.
Kemudian acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng, potongan tumpeng pertama dilakukan Bupati Kunigan H. Acep Purnama, S.H, M.H., yang diserahkan langsung kepada Ketua PHBN Kuningan Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si, kemudian dilanjutkan dengan memberikan penilaian tumpeng-tumpeng yang berasal dari dinas, kantor, lembaga lingkup Pemerintahan Daerah Kabupaten Kuningan, setelah itu Bupati dan seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menari bersama-sama para penari ditengah jalan sehingga acara babarit semakin meriah. Diakhir acara secara serentak tumpeng-tumpeng di makan bersama-sama bahkan warga berebut untuk mendapatkan tumpeng lebih banyak. ***beben.
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

2 comments:

  1. Balasan
    1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
      sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
      kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
      Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
      1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
      melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
      dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
      saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
      kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
      penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
      dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
      minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
      buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
      Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
      sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
      Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
      berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
      hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
      seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

      Hapus