Navigation

“Kuningan Mendunia melalui Tour de Linggarjati 2016”



Tour de Linggarjati 2016 (TDL) yang merupakan event balap sepeda Internasional yang diselenggarakan ke-2 kalinya di Kuningan merupakan langkah besar bagi Kabupaten Kuningan untuk mempromosikan Kabupaten Kuningan ke dunia internasional.  Kabupaten Kuningan yang telah mencanangkan diri sebagai kabupaten agropolitan dan pariwisata termaju di Jawa Barat telah mempunyai pondasi untuk semakin dikenal dalam masyarakat internasional melalui kegiatan TDL. Kegiatan ini diharapkan menjadi trigger bagi peningkatan program pariwisata di daerah sebagaimana diungkaplan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH “Kegiatan Tour de Linggarjati adalah wujud kinerja Pemerintah Kabupaten Kuningan untuk membawa citra dan potensi daerah ke panggung dunia, kita harus berpacu diera globalisasi ini, memanfaatkan semua potensi yang dimiliki daerah untuk merebut peluang dan menjadi daerah yang maju dan dapat berperan dalam percaturan pembangunan nasional bahkan global”.

Kegiatan ini juga diharapkan mempunyai daya dorong untuk peningkatan dan percepatan pembangunan daerah. Kesuksesan menggelar event internasional akan menunjukan kepada investor baik lokal maupun nasional bahwa Kabupaten Kuningan telah memiliki infrastruktur yang memadai, sumberdaya manusia yang kompetitif dan dukungan kebijakan pemerintah daerah yang responsif.   Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Drs. H Yosep Setiawan, M.Si menegaskan “Program dan kegiatan yang dapat membawa kemajuan bagi pembangunan daerah adalah aset yang berharga, kita semua harus bersama-sama memacu diri mencari inovasi dan terobosan-terobosan untuk percepatan pembangunan. Tour de Linggarjati ini adalah salah satu contoh inovasi yang perlu ditiru dan dikembangkan”.
Tour de Linggarjati diprakarsai oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan sejak tahun 2015. Ajang Tour de Linggarjati 2016 merupakan event kedua. Tour de Linggarjati 2016 telah secara resmi menjadi agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI. Launching Tour de Linggarjati 2016 secara resmi dilaksanakan pada hari Selasa (13 September 2016) oleh Menteri Pariwisata RI di Balairung Soesilo Soedarman Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata RI, Jakarta.  Pengakuan terhadap event Tour de Linggarjati akan menjadi dorongan motivasi yang lebih besar untuk mensukseskan acara ini “Tour de Linggarjati dalam tahun kedua telah masuk dalam agenda tahunan Kementerian Pariwisata RI, hal ini tentu merupakan kebanggaan dan sekaligus dorongan bagi kita semua untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan event baik dari skala maupun kualitas lomba” demikian disampaikan oleh Ketua Panitia Tour de Linggarjati, DR. H.  Dian Rachmat Yanuar, M,Si.

Hadir pada acara tersebut Menteri Pariwisata RI DR. Ir. Arief Yahya, M.Sc., Sekretaris Kementerian Pariwisata RI Drs. Ukus Kuswara, MM; Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Dra Esthy Reko Astuty, M.Si; Para Pejabat Eselon I lingkup Kementerian Pariwisata RI; Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Dra. Ineu Purwadewi Sundari, MM.; Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat H. Ida Hernida, M.Si;  Bupati Kuningan H. Acep Purnama, S.H.,M.H; Ketua DPRD Kabupaten Kuningan Rana Suparman, S.Sos; Sekretaris Daerah Yosep Setiawan, M.Si; para Kepala SKPD dan Camat lingkup Pemerintah Kabupaten Kuningan; para Pengusaha asal Kuningan, Agent Travel, para perantau Kuningan yang sukses di Jakarta dan insan Pers.  Acara dihadiri oleh + 300 undangan.

Dalam sambutannya Menteri Pariwisata RI menegaskan bahwa “Kuningan memiliki nature, culture dan modal yang cukup untuk pengembangan pariwisata”.  Sehingga diharapkan Kuningan kedepan bisa lebih menata obyek-obyek wisata yang ada.

Tour de Linggarjati 2016 (TDL) yang akan dilaksanakan pada tanggal 28 – 30 Oktober mendatang di Kabupaten Kuningan akan diikuti oleh 10 tim nasional dan 10 tim dari mancanegara, sehingga total atlet yang akan bermain 100 orang.  Rangkaian TDL akan diawali dengan cycling for all yang dilaksanakan pada 27 Oktober akan diikuti oleh seluruh atlet, panitia dan seluruh lapisan masyarakat.   Kabupaten Kuningan yang dikenal dengan bentang alamnya yang unik merupakan track yang menarik bagi para pembalap sepeda.  Dengan rute etape sepanjang 345 KM yang akan melalui 20 kecamatan dan 128 desa ini, para pemain harus menyelesaikan rute tersebut dalam 3 stages.  Kelas yang dilombakan adalah kelas utama (Men Ellite). 

Dalam rangkaian event TDL ini, akan disemarakkan pula dengan kegiatan food truck/wisata kuliner, pameran kerajinan lokal dan tampilan keragaman seni budaya khas Kuningan.  TDL tidak hanya ditujukan bagi sport tourism tetapi merupakan festival budaya dimana semua elemen masyakarat Kabupaten Kuningan terlibat. 


TDL ditujukan untuk mendorong pengembangan olahraga sekaligus pariwisata dengan memadukan event lomba dan berbagai event budaya lainnya. Lebih jauh Pemerintah Kabupaten Kuningan berharap kegiatan ini juga akan memicu pertumbuhan ekonomi kerakyatan terutama dari sektor ekonomi kreatif, kuliner dan jasa pariwisata. 
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

1 comments:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    Atau Kunjungi Situs KYAI www.pesugihan-uang-gaib.blogspot.co.id/ agar di
    berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur, saya sendiri dulu
    hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik, jika ingin
    seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus