Navigation

WABUP DEDE BUKA FESTIVAL KUDA DELMAN





Puluhan delman yang biasa digunakan sebagai moda transportasi tradisional masyarakat kuningan, Sabtu (21/1/2017) dihias berderet menyusuri jalan siliwangi kuningan menuju pandapa paramarta, tidak ketinggalan Wakil Bupati Dede Sembada pun ikut serta menunggang delman.
Puluhan delman tersebut bukan tanpa alasan berkumpul di pandapa paramartha serta dihias sehingga menyedot perhatian masyarakat, puluhan delman sengaja dikumpulkan dalam rangka memperingati HUT ke-4 UIN Sunan Gunung Jati Bandung. Hadir Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Drs. Jaka Chaerul, Kepala Bagian Humas Setda Wahyu Hidayah M.Si, Camat Kuningan Jojo Juharsa serta undangan lainnya.
Wakil Bupati Dede Sembada mengatakan delman merupakan moda transportasi tradisonal masyarakat kuningan yang masih tetap dipertahankan sebagai khasanah budaya yang memiliki nilai-nilai luhur perjuangan masyarakat Kabupaten Kuningan pada zamannya. Di tengah era globalisasi dan modernisasi yang ditandai dengan pesatnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi delman masih menjadi bagian yang tetap dipertahankan.
“Kondisi demikian bukan berarti kita harus meninggalkan semua yang bersifat tradisional, akan tetapi yang bersifat tradisional sering terpancar keunikan-keunikan yang memiliki nilai jual tinggi yang dapat digunakan sebagai moda transportasi dan kendaraan wisata,” ungkapnya.
Pemerintah Kabupaten Kuningan, lanjut Beliau, menghaturkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh mahasiswa UIN Sunan Gunung Jati Bandung asal kuningan serta seluruh jajaran panitia sehingga terlaksananya kegiatan ini.
“Saya ingin kegiatan festival delman ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan, dan bisa dimasukkan kedalam kalender kegiatan kepariwisataan, sehingga diharapkan dapat menarik minat para turis daerah maupun mancanegara untuk dating ke Kabupaten Kuningan,” ujarnya.
Wabup mengajak kepada seluruh masyrakat kuningan, untuk berkreasi serta berinovasi untuk menciptakan paket-paket wisata yang unik dan menarik yang mempunyai nilai jual serta daya saing tinggi, sehingga kepariwisataan Kabupaten Kuningan dapat mampu menembus pasar internasional. ***ben  
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: