Navigation

Silaturahmi perupa, Ruang Ekplorasi Seniman Berkarya











Humas Setda Untuk kali pertama para seniman berkumpul dan bernostalgia dalam acara SilARTurahmi Perupa di Toko Oleh-oleh Bu Sepuh, Cilimus, Kabupaten Kuningan, Sabtu (1/4) malam. Sejumlah pelaku seni senior asal Kuningan hadir dalam acara tersebut. Mereka turut menampilkan karya-karya terbaiknya di galeri seni Bu Sepuh. Mulai dari karya seni lukis, pahat, ukir hingga batik memeriahkan ruang-ruang galeri Bu Sepuh yang dibuka selama sepekan tersebut.

Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH mengungkapakan, terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada  seluruh jajaran panitia penyelenggara  silaturahmi perupa  se-wilayah  Ciayumajakuning, yang tetap konsisten  untuk melestarikan dan mengembangankan khazanah dan nilai-nilai seni  di tengah masyarakat.

“Seni merupakan hasil/imajinasi eksistensi sebauah karya dengan beragam corak dan bentuk yang dapat dinikmati serta dihargai hasil karyanya oleh masyarakat sehingga dapat mendorong aktivitas maupun interaksi  para seniman secara luas. Seperti halnya dengan sanggar daun  yang menyelenggarakan  pameran dan bazar seni ini,”ungkap Bupati Kuningan.

Organisasi yang diinisiasi oleh seniman, dikatakan Bupati Kuningan, dapat mengambil peran penting, dengan focus pada project yang berbasis pada proses kreatif dan riset, untuk menghasilakan karya-karya  baru sehingga mampu mengkonservasi  dan mengkloporasi  seni media baru.


Ketua Panitia SilARTurahmi Perupa Deki Zaenal Muttaqien mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wadah berkumpulnya para seniman seni rupa Kuningan untuk berdikusi tentang idealisme seni. Sekaligus ajang pameran karya-karyanya kepada khalayak ramai. Dengan memanfaatkan galeri seni yang disediakan Toko oleh-oleh Bu Sepuh, para pelaku seni Kuningan bisa menampilkan karya-karya terpendamnya. Sehingga karya mereka dikenal masyarakat luas.


Dekki menyebutkan, sekitar 120 seniman dari berbagai latar belakang dan idealisme seni sewilayah Ciayumajakuning hadir dalam acara SilARTurahmi yang digelar pertama kali di Kuningan itu. “Acara ini sekaligus untuk memotivasi para seniman Kuningan untuk mengeksplor karya-karya mereka tampil ke permukaan dan lebih dikenal masyarakat luas,” kata Dekki.


Acara yang digelar selama sepekan tersebut, kata Dekki, juga akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan. Seperti diskusi seni dan budaya, seminar serta pelatihan kekaryaan para pelaku seni Kuningan dengan peserta para pelajar dan masyarakat umum. 


Bupati beserta rombongan melihat langsung karya-karya seniman perupa yang menakjubkan, salah satunya  bupati sempat berhenti lama di stand yang ada lukisan Bung Karno karya seniman Jasim, Kel. Winduherang, kendati seorang pegawai Lembaga Pemasyarakatan Kuningan, namun sentuhan kecintaan akan seni rupaya melekat. Dan masih banyak  seniman-seniman Kuningan yang lebih potensial lagi. Suhendra


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: