Navigation

RAKOR LINTAS SEKTOR BAHAS PEMBERIAN OBAT PENYAKIT KAKI GAJAH


Pemerintah daerah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Kesehatan mengadakan Rapat Koordinasi Lintas Sektoral guna membahasterkait kegiatan pemberian obat masal penyakit filariasis (Kaki Gajah), bertempat di Hotel Horison Tirta Sanita, Selasa (4/7/2017).
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan Raji, menyatakan kegiatan yang akan dilaksanakan meliputi pertemuan lintas sektor di lingkunan dinas kesehatan dan puskesmas, pelaksanaan pemberian obat massal di 1424 pos yang yang pencanangannya akan dilaksanakan di Kecamatan Ciawigebang pada tanggal 3 Oktober mendatang.
Selanjutnya, monitoring dan sweeping oleh kader dan petugas dalam rangka pemberian obat filariasis yang tidak diminum di pos pemberian obat, pelaksanaan monev yang dilakukan oleh petugas Dinas Kesehatan Kabupaten dan petugas dari kecamatan, monitoring efek samping kejadian ikutan pasca pengobatanfilariasis serta rapat evaluasi tingkat kabupaten hasil kegiatan pemberian obat massl filariasis.
Sementara itu Bupati Kuningan H. Acep Purnama dalam sambutan yang dibacakan Wakil Bupati Dede Sembada, menyatakan pemberian obat pencegahan dimaksudkan untuk menurunkan angka microfilaria (Microfilaria Rate) menjadi kurang dari 11 persen setiap kabupaten/kota.
Menurutnya, sejak tahun 2004-2015 di Kabupaten Kuningan ditemukan sejumlah kasus filariasis sebanyak 41 kasus yang terdapat di 15 kecamatan. Ke-15 kecamatan itu yakni Kecamatan Karamatmulya, Ciniru, Pancalang, Jalaksana, Cibingbin, Kuningan, Cigandamekar, Cilimus, Cidahu, Ciawigebang, Cipicung, Maleber, Darma, Ciwaru dan Kecamatan Lebakwangi.
Setelah pemberian obat filariasis putaran ke-dua ditemukan 8 kasus yang terdapat di 7 kecamatan, diantaranya Kecamatan Garawangi, Pancalang, Hantara, Mandirancan. (HD)*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: