Navigation

BUPATI : PERLU PENGEMBANGAN SUBER DAYA LOKAL PERTANIAN

Sektor pertanian memberikan kontribusi dalam produksi berbagai jenis bahan pangan. hortikultura, baik pangan yang berasal dari tanaman pangan, perkebunan dan kehutanan sebagai sumber pangan nabati maupun pangan yang berasal dari peternakan dan perikanan sebagai sumber pangan hewani.
“Peran sektor pertanian sebagai penghasil bahan pangan, akan semakin besar terutama keadaan akhir-akhir ini terjadi permasalahan atau krisis pangan sebagai akibat persaingan beberapa jenis komoditas pertanian yang digunakan sebagai sumber untuk bahan bio energi (Bio Fuell),” kata Bupati Kuningan, pada acara Hari Krida Pertanian (HKP) Tingkat Kabupaten Kuningan, di Desa/Kecamatan Kadugede, Selasa (2/8/2017).
Menurutnya, peluang dan tantangan dalam pembangunan pertanian untuk meningkatkan penyediaan bahan pangan melalui peningkatan produktivitas dan kualitas produksi, memerlukan upaya-upaya berbagai pemberdayaan sebagai sumberdaya pertanian termasuk pengembangan sumber-sumber pangan lokal yang ada d setiap daerah.
“Kita telah mengubah haluan dan strategi pembangunan pertanian, dari orientasi produksi ke orientasi agribisnis. Era agribisnis akan menuntut terwujudnya proses dan sistem usaha tani yang dinams dan rasional yang harus tercermin dari sikap perilaku para pelakunya terutama petani ,” paparnya.
Untuk itu, para penyuluh sebagai parner petani dituntut pula mampu menyesuaikan dan mengantisipasinya dengan meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan profesionalisme Penyuluh harus hadir diantara para petan untuk dapat membantu meningkatkan sumberdaya manusia serta memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi. (IIP)*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: