Navigation

PRESIDEN JOKOWI RESMI TUTUP FESTIVAL KERATON NUSANTARA XI











Humas Setda- Presiden Joko Widodo secara resmi menutup Festival Keraton Nusantara (FKN)  XI yang dipusatkan di Taman Air Goa Sunyaragi, Kota Cirebon Senin, 18 September 2017 malam. Taman Air Goa Sunyaragi merupakan taman situs milik Keraton Kasepuhan yang dibangun pada tahun 1703. Acara penutupan itu dihadiri para raja dan sultan se-Nusantara. Hadir juga Gubernur Jawa Barat, Bupati/Walikota, dan Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH. 

Dengan menggunkan pakaian adat Jawa, Jokowi dikawal ketat datang ke venue pentupuan FKN XI. Dalam sambutnya, Presiden Jokowi meminta kepada raja dan sultan untuk senantiasa menjaga aset bersejarah yang dimiliki. Karena, menurut Jokowi, aset-aset itu tak ternilai harganya.

Menurut Presiden Jokowi, Keraton adalah tempat pelestarian budaya. Untuk itu, keluarga keraton harus bisa menjaga nilai-nilai yang ada di dalamnya. “arisan peradaban Nusantara bisa menjadi modal untuk menghadapi tantangan bangsa. Baik hari ini maupun masa depan,”katanya.

Karena itu, lanjut Presiden Jokowi, kekayaan budaya yang dimiliki harus dijadikan sebagai kekuatan untuk meraih kemajuan dalam menghada pai persaingan global. Terlebih, persaingan global di masa mendatang semakin sengit.

“Saya berharap, FKN ini bukan hanya semata-mata untuk menyemarakkan ajang pariwisata daerah atau mengapresiasi kekayaan keraton se-Nusantara. Tetapi, juga digunakan untuk mengukuhkan kontribusi keraton-keraton terhadap kemajuan zaman,” jelas Presiden Jokowi.

Prosesi penutupan diawali dengan dibacakannya rekomendasi hasil musyawarah agung sultan dan raja senusantara,  oleh Sultan Sepuh XIV Keraton Kasepuhan Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat.

Ada tujuh poin rekomendasi, diantaranya tekad keraton senusantara untuk mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia, permintaan agar anggaran kebudayaan dinaikan minimal 2% dari APBN maupun APBD.

Musyawarah agung juga meminta agar sultan dan raja senusantara selaku pemimpin dan penjaga budaya masuk dalam Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Atas rekomendasi tersebut, Jokowi berjanji bakal mengundang raja dan sultan untuk membicarakan soal rekomendasi itu di istana,  paling lambat November.

Selain menutup FKN,  pada kesempatan tersebut Presiden Jokowi juga meluncurkan portal Keraton Nusantara milik Perpustakaan Nasional dan meresmikan dan menandatangani prasasti Museum Pusaka Keraton Kasepuhan. Penutupan  dimerihkan dengan  pagelaran tari kolosal bebering umbul-umbul waring,  yang menceritakan sejarah berdirinya kesultanan Cirebon. (Suhendra/Pubdok)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: