Navigation

WABUP KUNINGAN, AJAK WARGA JAGA KERUKUNAN UMAT BERUMAT






Pemerintah Daerah melalui Badan Kesbangpol menyelenggarakan sosialisasi kerukunan umat beragama yang di hadiri tokoh agama dan pengurus lembaga keagamaan yang ada di Kabupaten Kuningan, bertempat di Wisma Permata, Selasa (31/10/2017). Hadir Wakil Bupati Kuningan, Dede Sembada sekaligus Ketua Dewan Penasehat  Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Kuningan, dan Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan.

Wakil Bupati Kuningan menuturkan, kerukunan umat beragama merupakan hal penting  bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Terutama akan menciptakan  rasa saling menghormati. Dengan harapan adanya   peningkatan kualitas pelayanan  pemahaman agama, kehidupan beragama, serta peningkatan kerukunan intern dan antar umat beragama  dan pemerintah, kerukunan umat beragama  merupakan bagian penting dari kerukunan  nasional.

“Kegiatan ini dilaksanakan  sejalan dengan pertauran  bersama menteri agama dan menteri dalam negeri  Nomor 8 dan 9 tahun 2006, yang dimaknai untuk saling mengisi antar pemerintah daerah dengan tokoh agama, pengurus lembaga keagamaan, untuk memberikan masukan dan informasi  dalam menjaga kondusifitas  daerah terutama dibidang kerukunan umat beragama,”jelasnya.

Dalam kesempatan itu Wabup Kuningan  mengatakan, Pemerintah Daerah mengemban tugas memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat termasuk memfasilitasi terwujudnya kerukunan umat beragama. Untuk itu perlu adanya kerjasama semua pihak terutama pemuka-pemuka agama  dan tokoh masyarakat. Sehingga tri Kerukunan beragama dapat terwujud.

Definisi kerukunan umat beragama, dijelaskan Wabup Kuningan,  suatu keadaan dimana sesama umat bergama yang dilandasi toleransi, saling pengertian, saling menghormati, menghaargai, kesetaraan dalam pengamalan ajaran  agamanya dan kerjasama dalam  kehidupan  bermasuarakat, berbangsa dan bernegara  di dalam Negara Kesatuan republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan UUD NKRI Tahun 1945.

“Jagalah kebersamaan dan saling menghormati antar umat beragama demi terciptanya kondisufitas daearah Kabupaten Kuningan yang kita cintai sekaligus  dalam merekat kesatuan dan persatuan bangsa,”katanya. (Suhendra/Pubdok)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: