Navigation

KEBERSIHAN LINGKUNGAN SANGAT PENTING BAGI KEHIDUPAN







Kebersihan lingkungan sangat penting bagi kehidupan masyarakat, sekitar 40-45% kesehatan masyarakat sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan sedangkan sisanya gaya hidup dari masyarakat tersebut. Hal tersebut dikatakan Dedi Mizwar Wakil Gubernur Jawa barat dalam acara peresmian KOTAKU ( Kota Tanpa Kumuh ) dan Sanimas ( Sanitasi Berbasis Masyarakat ) di Kabupaten Kuningan, Kamis 7/12.
Demiz mengatakan bahwa perilaku atau gaya hidup kita sekarang ini sangat tidak beraturan lagi, banyak makanan dalam kemasan yang mempunyai kadar pengawet yang sangat tinggi, hal ini menyebabkan penyakit seperti hipertensi, diabetes, jantung sudah tidak memandang umur. Banyak usia muda yang mengidap penyakit seperti itu, hal itu dipengaruhi oleh lingkungan dan gaya hidup. Papar Demiz.
Kondisi lingkungan yang padat penduduk, kumuh dengan penghasilan rendah, seringkali kurang memperhatikan aspek kesehatan lingkungan, terutama dalam sarana sanitasi yang layak. Kondidi ini ditunjukan dengan masih banyaknya masyarakat yang tidak memiliki jamban/wc dengan sistem pengolahan limbah yang baik. Mereka lebih cenderung untuk membuat sarana jamban ditempaat-tempat umum seperti kebun, kolam ataupun dipinggir kali, yang mana limbahnya dibuang begitu saja.
Berbeda dengan masyarakat di Desa Kalapa gunung, mereka mempunyai program sanitasi berbasis masyarakat, ini bertujuan untuk mengembangkan inisiatif masyarakat dalam pelaksanaan pengembangan wilayahnya, juga agar para pemangku kepentingan dapat mengembangkan secaraa berkelanjutan sehingga akan dapat mengerti dan memahami dalam setiap penyelengaaraannya, dan membutuhkan kesadaran maassyarakat dalam menuju pola hidup bersih dan sehat.
Selain itu di Blok Citamba Kelurahan Purwawinangun, Demiz meresmikan Kota Tanpa Kumuh                         (KOTAKU), program ini merupakan program menata lingkungan diperkotaan yang kebetulan di Citamba ini wilayahnya dekat dengan sungai. Dari mulai masuk gang citamba ini kita sudah bisa melihat penataan lingkungan yang sangat baik, jalan lingkungan di gambar dengan berbagai macam gambar yang indah dan sejuk dipandang mata, selain itu juga kebersihan dan tembok-tembok di cat dengan berbagai warna sehingga menimbulkan efek yang bercahaya. *DoniS*


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: