Navigation

Bupati Kuningan Hadiri Pengukuhan Cimande Desa Kertaunggaran









Humas Setda-Ribuan masyarakat Desa Kertaunggaran  menyaksikan  pengukuhan Pencak Silat Padjajaran Cimande  Ranting Desa Kertaunggaran yang dihadiri Bupati Kuningan H. Acep Purnama MH, Ketua IPSI, dan Sesepuh Paguron Padjajaran Cimande dari Awirarangan, dan lainnya,  bertempat di Halaman Bale Desa, Minggu (21/1/2018). 

Dimana dalam pengukuhan  itu, berbagai atraksi, ibingan silat ditunjukan yang dilakukan genersi muda dan anak-anak. Sehingga nuansa para pendekar muda yang memiliki jiwa satria dan menjunjung nilai-nilai budaya kearifan lokal sangat terasa. 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama mengatakan,  dengan momentum pengukuhan Pencak silat ini dapat menjadi media bagaimana kita menjaga, mempertahankan  dan melestarikan budaya bangsa. Karena dengan memiliki kecintaan akan budaya sendiri akan tumbuh jiwa-jiwa yang memiliki kepribadiaan, kesantunan untuk lebih mencintai tanah airnya sendiri. 

“Saya bangga dengan apa yang dilakukan hari ini, diharapkan menjadi contoh untuk desa-desa lainnya dengan terus menjujung nilai-nilai budaya yang ada . Semoga pencak silat sebagai warisan para leluhur kita akan menjadi tradisi dengan tumbuh dan berkembang di desa-desa lainnya,”ungkapnya. 

Atas semangat dan kerja kerasnya Bupati Kuningan menyampaiakan apresiasi kepada semua pengurus dan sesepuh  Pencak Silat Cimande dan semua pihak yang terlibat. “Semoga semangatnya ini akan melahirkan regenarasi yang memiliki kepribadian yang dilandasi  iman dan taqwa,”.

Bupati berharap, mudah-mudahan akan terlahir dari desa ini Atlit Pencak silat yang  handal untuk tingkat nasional bahkan internasional. Karena saya yakin siapapun kita selama ada keinginan, keyakinan,  kerja keras dan  doa tidak menutup kemungkinan semua akan terwujud. 

Dikatakan Kepala Desa Kertaunggaran, sebagai bentuk kerjasama dalam kesempatan ini  dilakukan  penandatanganan dan serah terima piagam kerjasama pembinaan pemuda pemudi bidang olah raga  bela diri pencak silat Padjajaran Cimande. Antara  Karang Taruna, Pemerintah Desa dan pengurus Paguron Cimande. 

“Kerjasama ini sebagai upaya untuk berinovasi dalam melestarikan budaya-budaya yang ada. Inovasi itu bukan hanya tehknik atau bidang fisik saja. Namun, inovasi kebudayaan tradisonla  harus kita lestarikan. Sebagai salah satu filter  adanya budaya yang tidak sejalan dengan kita,” ungkapnya dengan penuh semangat.   (Suhendara/Pubdok)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: