Navigation

PROKASIH DIBUKA OLEH PLT BUPATI KUNINGAN DI SUNGAI DARMALOKA




PERINGATAN Hari Sampah Nasional tingkat Kabupaten Kuningan dipusatkan, dengan ditandai Program Kali Bersih di Sungai Darmaloka, Desa Darma, Kecamatan Darma, Rabu (22/2/2018).Kegiatan itu diadakan setiap tahun untuk membersihkan sampah yang ada di Darmaloka.
Kegiatan HPSN tahun 2018 adalah pelaksanaan dari PROKASI yang merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan tujuan untuk membersihkan sampah yang ada di sungai, khususnya Sungai Darmalok dan untuk meningkatkan kepedulian serta peran akitf masyarakat Indonesia, mulai dari pribadi, komunitas, dalam mengelola sampah untuk mewujudkan Indonesia bebas sampah tahun 2025. Adapun peserta yang mengikuti acara HPSM tahun 2018 ini meliputi Polres, Kodim 0615, SKPD, anak-anak sekolah, pecinta alam, LSM dan masyarakat Darma. Dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Kuningan tahun 2018.

Kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2018 yang dicanangkan oleh Pemerintah Pusat dengan tema “Sayangi Bumi Bersihkan Dari Sampah” yang kegiatannya dimulai dari tanggal 21 Januari 2018 sampai dengan 21 April 2018. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi tingkat pencemaran di Sungai Darmaloka yang mengalir melalui Waduk Darma dan keberadaannya saat ini sangat menghawatirkan/memprihatinkan dengan banyaknya sampah dialiran sungan tersebut.

Ada empat masalah penting yang melarbelakangi Program Kali Bersih ini yaitu, air sungai merupakan sumber air bersih bagi hajat hidup orang banyak, kualitas air dibeberapa sungai cenderung menurun bahkan beberapa diantaranya sudah tidak memenuhi baku mutu air sesuai dengan yang diperuntukannya, kebutuhan air bersih cenderung terus meningkat, serta masih terbatasanya pengendalian pencemaran air.
“Dalam rangka bebas sampah tahun 2025 yang diprogramkan oleh Pemerintah Pusat, saya merasa yakin dengan berebakl ilmu pengetahuan dan wawasan saudara-saudara, anak-anakku, serta melalui organisai pencinta alam yang merupakan mitra kerja Pemerintah Daerah akan dapat bertindak nyata dalam mengelola sumber daya alam dan lingkungan hidup khusunya pengedalian pencemaran air sungai sehingga air tersebut bisa tetap berfungsi sesuai dengan peruntukannya dan sasaran utamanya.” Ujar PLT Bupati Kunigan.(Nabila/PKL)
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: