Navigation

WABUP BERKUNJUNG KE DESA DAN SEKOLAH DASAR




Wabup Kuningan Dede Sembada terus melakukan Pemantauan dan monitoring penyelenggaraan pemerintah desa. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam penyelenggaran pemerintah desa agar dapat berjalan dengan baik dan dapat dirasakan langsung pemanfaatnya oleh masyarakat. Kamis  (2/1/2018) melakukan kunjungan ke Desa Susukan dan Saleurema didampingi Camat  Cipicung sekaligus berkunjung ke Sekolah Dasar. 

Dalam kunjungannya ke Desa Susukan Wabup Kuningan mengatakan, pemantau ini untuk melihat langsung apa yang sudah dan sedang dilaksankan di tiap desa. Meliputi pembangunan fisik, pembinaan pegawai, pemberdayaan masyarakat, pengelolaan asset desa, pelaporan kegiatan,  peningkatan PAD dan lainnya. 

Untuk itu dalam pelaksanaan pemerithan desa jaga kekompakan antara aparatur. Disamping itu jalin kebersamaan dengan BPD. Kedudukan BPD sebagai lembaga memiliki peranan untuk menjalankan fungsi pemerintahan. BPD memiki kewenangan untuk meminta keterangan dan penjelasan atas penyelengraan pemerintah desa, tetapi tidak memiliki kewenangan untuk memeriksa karena itu bagian dari tupoksi Inspektorat.  

Banyak hal yang disampaikan Wabup Kuningan kaitan bagaimana kita memberikan pelayanan kepada masyarakat yang dapat dirasakan langsung di tingkat desa. Disinilah peranan kepala desa harus menjaga amanahnya dalam menjalankan tugasnya. 

Wabup menjelaskan Desa adalah kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan, kepentingan masyarakat setempat berdasarkan prakarsa masyarakat, hak asal usul, dan /atau hak tradisional yang diakui dan dihormati dalam system pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sementara Pemberdayaan Masyarakat Desa adalah upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkat kanpengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku, kemampuan, kesadaran, serta memanfaatkan sumber daya melalui penetapan kebijakan, program, kegiatan, dan pendampingan yang sesuai dengan esensi masalah dan prioritas kebutuhan masyarakat desa.

Menurut Camat  Cipicung Deden, kehadiran Pa Wabup ke tiap desa sangat berharga, karena banyak hal yang bisa dipelajari dan dipahami. Bagaimana penataan pemerintahan desa yang baik dan benar berdasarkan aturan. Sehingga hal ini  menjadi pencerahan untuk bergerak memajukan kesejahteraan desa. 

Usai melakukan kunjungan kedua desa Wabup berkunjung juga ke Sekolah Dasar 2 Salaeurema didampingi Kepala UPTD Edi Kusnedi. Dalam kunjungannya Wabup menyempatkan masuk keruangan Kelas dengan menyapa langsung siswa siwi SD dengan penuh santun. 

Sekaligus bertemu dengan para guru dan melihat sarana dan prasarana yang ada. Hal ini dikatakan Wabup sebagai bahan evaluasi untuk melakukan kebijakan bagaimana kita berupaya meningkatkan pendidikan selain dukungan para guru melainkan juga dipenuhinya sarana dan prasarana. (Suhendra/Pubdok)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: