Navigation

Bendera Merah Putih Berkibar di Kuningan


























Humas Setda- Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan ke 73 Republik Indonesia, Kabupaten Kuningan dilaksanakan di Stadion Mashud Wisnusaputra. Jumat (17/8/2018). Berjalan dengan lancar dan Bendera Sang Saka Merah Putih pun berkibar.

Turut hadir para undangan dan  peserta upacara, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,  kepala SKPD, Pimpinan BUMN dan BUMD,   para veteran, Ormas/OKP, pelajar dan masyarakat umum dan lainnya. Semua mengikuti  dengan hidmat  jalannya upacara mengenang detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. 

Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH. MH bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pembacaan teks Pancasila, diambil oleh Dandim 0615 Letkol Inf Daru Cahyadi Soeprapto S.Sos MM, Pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 oleh Kapolres Kuningan AKBP Iman Setiawan ,  Sedangkan pembacaan teks proklamasi oleh Ketua DPRD Kuningan Rana Suparman. Rangkaian upacara pengibaran bendera merah putih sendiri dilaksanakan sekitar Pukul 09.00 WIB.

Acarapun semakin semarak dengan kehadiran Pasukan Pengibar  Bendera  Merah Putih yang terdiri dari  17 dan 8 dari siswa/siswi SMA/SMK,  dan 45 orang dari unsur TNI dan Polri. Semua mata tertuju pada kekompakan paskibraka tersebut. Mulai Pemimpin upacara, Komandan Kompi,  Penggerek, Komandan Kelompok,  Danton, Pembawa Baki Bendera, Pembentang Bendera dan lainnya. Semuanya  berlangsung dengan sukses. Perasaan legapun terlihat pada semua yang hadir ketika merah putih dapat berkibar.   

Bupati Kuningan dalam sambutannya yang diawali “MERDEKA..!, MERDEKA...!, MERDEKA...!” mengharapkan momentum hari ini  menjadi penumbuh semangat  warga, kemudian menjadi kehendak kuat yang akhirnya dibuktikan oleh kerja nyata, pada akhirnya akan menjadi prestasi bangsa, selaras dengan tema HUT RI saat ini “Kerja Kita Prestasi Bangsa”.

Ia mengingatkan, jangan biarkan persaudaraan bangsa kita tercederai dan tercerai berai karena kepentingan sesaat dan kelompok semata. Jangan biarkan kain kebangsaan kebali terkoyak karena warna kita yang berbeda. Pelangi akan selalu indah karena warnanya yang berbeda. Namun dalam warna yang berbeda itu, merah putih harus selalu ada di dalam dada.

“Kita semua adalah Indonesia yang berpancasila. Dan Indonesia adalah bangsa besar yang akan terus bersatu dengan persatuan dan kesatuan. Saling berangkulan diantra putra-putrinya. Indonesia adalah bangsa hebat yang terus menghebatkan diri dengan karya dan prestasi bersama,”terangnya.

Namun apa yang kita raih menurut Bupati Kuningan, tentunya tak lepas dari para pejuang yang telah berjuang untuk bangsa ini hingga merdeka. Kita akan selalu terkenang akan semangat juang para pahlawan kusuma bangsa.
“Pahlawan adalah mereka telah mewakafkan diri untuk Indonesia  merdeka. Pahlawan adalah mereka yang telah tulus ikhlas berkorban jiwa raga  Demi Indonesia yang bersatu dan berdaulat,”jelasnya.

Menurut Bupati Kuningan, tugas kita menjaga api semangat juang ke Pahlawanan ini agar terus menyala. Tidak boleh kita biarkan api ini redup apalagi padam, karena ini kekuatan dan jatidiri sejati kita sebagai sebuah bangsa pejuang. Bangsa yang tak pernah gentar dan pantang surut ke blekang menghadapi persoalan dan tantangan.
Usai upacara Bupati menyampikan terima kasih kepada seluruh komponen yang terlibat atas suksesnya Peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI. Serta  memberikan apresiasi kepada Paskibraka  yang terdiri siswa/siswi, TNI, dan Polri dan pihak yang mendukung lainnya atas semangat dan kerja keras yang telah dilakukan sehingga Merah Putih dapat berkibar.  (Suhendra/Pubdok)


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: