Navigation

KOPERASI BERIKAN KONTRIBUSI DALAM PEREKONOMIAN DAERAH






Koperasi sebagai organisasi ekonomi rakyat berbasis anggota, diharapkan mampu mengatasi persoalan internal yang dihadapi lembaga serta anggotanya khususnya peningkatan bidang Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas produksi, pemasaran serta permodalan.
“Koperasi punya kewajiban untuk menyelenggarakan pendidikan anggota agar koperasi punya anggota yang berkualitas dan mampu memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan koperasinya,” kata Bupati Kuningan, H. Acep Purnama, pada puncak acara memperingati HUT ke- 71 Koperasi Tingkat Kabupaten Kuningan, di Pandapa Paramarta, Minggu (5/8/2018).
Menurutnya, partisipasi akan meningkat jika pengurus dan manajemen koperasi mampu mengembangkan program dan kegiatan yang menarik anggota diantaranya bidang organisasi, usaha serta permodalan koperasi.
Pemerintah daerah akan terus hadir dan berkomitmen dalam membina koperasi melalui berbagai kebijakan dan program sebagai upaya menciptakan iklim dan kondisi yang mendorong pertumbuhan dan pemasyarakatan koperasi.
“Hal ini dilakukan agar masyarakat luas memahami gagasan berkoperasi sehingga masyarakat dengan penuh kesadaran mendirikan dan memanfaatkan koperasi guna memenuhi kepentingan ekonomi dan sosial,” jelasnya.
Hingga kini koperasi di Kabupaten Kuningan tercatat sebanyak 574 unit dengan jumlah anggota sebanyak 83.439 orang. Sementara total modal koperasi mencapai Rp192 Milyar dan modal luar Rp221 Milyar serta volume usaha mencapai Rp794 Milyar .
“Koperasi memberikan kontribusi nyata dalam perekonomian daerah, mengentaskan kemiskinan serta penyerapan tenaga kerja di desa-desa atau kecamatan,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Kabupaten Kuningan, Bunbun Budhyasa, mengatakan dalam memperingati HUT koperasi tingkat Kabupaten Kuningan tahun ini mengusung tema Penguatan Koperasi Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional.
Rangkaian acara digelar diantaranya KUKM EXPO dengan tema Menggapai UMKM Kreatif dan Inovatif. Kegiatan yangmenyuguhkan produk makanan, fashion, Handycraf serta kuliner lainnya menghadirkan 35 stand dengan beragam jenis produk unggulan tersebut.
Selain itu melakukan penilaian koperasi berprestasi dan tokoh koperasi, cerdas cermat koperasi, donor darah serta jalan sehat, safari koperasi di wilayah selatan dan timur Kabupaten Kuningan yang diikuti oleh 100 peserta dengan mengendarai sepeda motor. (IIP/Pubdok)*
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: