Navigation

UNIKU Gelar Exspo Potensi Desa





Humas Setda- Bupati Kuningan H. Acep Purnama menyampaikan terimakasih kepada UNIKU yang telah menggelar kegiatan Exspo Potensi  tiap desa yang  telah dijadikan lokasi KKN Mahasiswa. Sehingga potensi Kuningan dapat terekspos lebih luas lagi.   Hal ini disampaikan pada acara Pembukaan KKN UNIKU exspo 2018 dan penutupan KKN UNIKU Tahun 2018, bertempat di Taman pandapa Paramarta Depan Pendopo, Minggu (19/8/2018). Bersamaan dengan acara Car Free Day.

Bupati Kuningan menerangkan, peranan mahasiswa UNIKU sejalan dengan  Tri Dharma Perguruan Tinggi terdiri Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan Ilmu Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Pengabdian kepada masyarakat merupakan  kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Hal itu dibuktikan Mahasiswa UNIKU  dengan melakukan identifikasi pemeberdayaan tiap desa baik mulai dari hasil pertanian , wisata, dan potensi ekonomi  dan lainnya. bahakan tercatat dalam bidang UKM dan Home Industri ternyata Kuningan tiap desanya banyak memliki keunggulan yang berbeda.  Sehingga hal ini sangat berdampak terhadap pendapatan masyarakat Kuningan,”ungkapnya.

Pada kesempatan itu Bupati Kuningan menerima penyerahan Kenang-kenangan, poster dan Booklet potensi tiap desa yang sudah dijadikan lokasi KKN. Yang diserahkan langsung Rektor UNIKU.  
Adapun isi dari  booklet tersebut berkaitan dengan profil potensi desa, diantaranya yang ada di Kecamatan Pasawahan diantaranya Desa Pasawahan, ternyata memiliki potensi wisata, diantaranya Sumur Tujuh Cikajayaan, Situ Ciparuk, Bukit Kahiyangan. Dari aspek seni ada beberapa pengrajin  wayang kulit, lukisan dan patung. Untuk makanan khas  terdapat olahan makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh seperti Kiripik Pisang, Rempeyek, Sele Nangka, dan buah Nangkanya.
Untuk Desa Kaduela potensi wisatnya, Telaga Biru Cirerem, Telaga remis, Telaga Nilem, Situs Batu Panjara, Batu Tumpeng, Batu Asahan, Buyut Janggala Manik, Buper Cirerem dan lainnya. untuk potensi pertanian, Pisang, Ubi Jalar, dan Picung. Dan untuk UMKM diantrannya, Keripik Pisang, Es Krim Pisang Kepo, dan Banananageto.
Desa Cimara memiliki produk unggulan hasil inovasi masyarakat diantaranya, Dodol Salak, Selai salak. Desa Paniis memiliki potensi Buah Nagkka, Buah Pisang, Serabut Kelapa. Untuk makanan khasnya Bonang (Bolu Nangka) dan jely nangka, bagok (Banan Coklat) dan memiliki Penyemaian Benih Tanaman.
Untuk Kecamatan Cigugur, diantaranya Babakan Mulya,  memiliki potensi perkebunan yang cukup tinggi, pemanfaatan limbah kayu yang dapat diolah menjadi barang menarik untuk hiasan rumah, bahkan  sudah terjual ke mancanegara. Desa Sukamulya salah satu potensinya adanya pengolahan Gipsum berkualitas. Dari hasil identifikasi ternyata setiap desa memiliki potensi unggulan masing-masing. (Suhendra/Pubdok).



Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: