Navigation

Membumikan Al-Qur'an Jilid Dua


Have Fun with Al-Qur'an sukes digelar selama satu minggu. Kegiatan ini merupakan program unggulan persembahan AL-FATTAH INSTITUTE Kuningan. Program tahfidz ini mewajibkan para peserta dikarantina selama satu pekan agar bisa mencapai target merampungkan hapalan Juz 'Amma. 

Para peserta dari berbagai sekolah di Kuningan ini begitu antusias dan semangat luar biasa sampai tidak terasa di penghujung kegiatan.
Itu kesan yang didapat dalam acara ini, kegiatan yang dikemas dengan penuh riang ini  memiliki misi penting untuk membumikan al-Qur'an kepada generasi muda di tengah derasnya arus zaman yang semakin berat dengan berbagai tantangan di dalamnya.

Di saat anak-anak lain mengisi liburan, para peserta Al-Qur'an Village malah asyik merelakan waktu untuk mengikuti karantina tahfidz Juz 'Amma. Mereka begitu antusias mengikuti seluruh mata program yang dikemas dalam acara ini. Memperbaiki bacaan sekaligus menghapal surat-surat yabg terkandung dalam juz 30 adalah andalan daa program ini. Di samping itu, mata program lain tidak kalah menarik seperti materi Sains Qur'ani yang langsung mengajak peserta pada sesi adventure alam di wisata Tenjo Laut berlokasi di Palutungan Kuningan. Para santri tahfidz ini diajak mentadabburi ayat-ayat kauniyah sesuai petunjuk yang ada dalam ayat-ayat al-Qur'an. Bahkan, keseluruhan mata program tak kurang dari sembilan program dengan para pembimbing profesional dari lulusan Universitas Al-Azhar Cairo serta hafidz dan pemegang sanad bacaan. Para santri tahfidz dibekali pendidikan karakter sebagai modal masa depan.

Yang menarik AV angkatan kedua ini diramaikan dari peserta luar negeri, yakni Belanda dan Jepang dengan kategori kelas internasional. Ketika diwawancarai, sengaja diterbangkan oleh kedua orangtuanya ke Indonesia demi mengikuti kegiatan Sepekan Hapal Juz 'Amma. Mereka penasaran dan tertantang mengikuti ini. Bahkan, M. Rafdi, peserta dari Belanda yang baru masuk bangku kuliah ini menuturkan anak-anak yang mengikuti jauh lebih cerdas secara emosional-spiritual di banding anak-anak di Belanda seusianya.

Program ini diselenggarakan dari tanggal 17-23 Desember 2018 bertempat di SDIT AL-FATTAH Lengkong Kuningan. Pada prosesi wisuda terdapat tiga kategori yang mendapatkan anugerah. 1. Kategori Duta Juz 'Amma diraih oleh Zulfa Rohmah Rubaiyyah 2. Kategori Termuda-Tercepat diraih Amena Asyari 3. Kategori Peserta Terbaik oleh M. Farhan.

AL-FATTAH INSTITUTE adalah sebuah lembaga pengetahuan yang concern untuk misi kerja peradaban. Sesuai motonya "For Knowledge & Faith" AL-FATTAH berupaya mengharmoniskan antara pengetahuan sebagai kiblat ilmu dan iman sebagai kiblat tauhid. Program yang diluncurkan adalah program-program unggulan yang bertujuan membangun episentrum peradaban masa depan Indonesia.(AIK)

Sementara itu Sekda Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si menyambut baik dilaksanakannya Have Fun with Al-Qur'an yang digelar selama satu minggu ini, hal tersebut menunjukkan bahwa generasi muda harus mengisi kegiatan positif sebagai bekal di masa yang kan datang.

"saya menyambut positif atas dilaksanakannya keiatan ini dengan adanya kegiatan seperti ini dapat menambah pengetahuan dan keimanan bahkan untuk membangun karakter (charachter building) generasi masa depan, ada yang dapat ditanamkan kepada mereka sebagai pedoman hidup nantinya."

Semoga generasi bangsa ini dapat terus membekali dirinya dengan kegiatan-kegiatan positif sehingga akan menambah keimanan dan ketaqwaan anak-anak kita sebagai generasi penerus bangsa. (yogas/pubdok)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: