Navigation

Wabup dan Ketua TP PKK Sigap Bersihkan Saluran Air








KUNINGAN – Hujan lebat yang mengguyur kabupaten kuningan pada kamis siang menyebabkan banjir di jalan raya Kuningan – Cirebon, tepatnya di depan SPBU Cirendang RT 19/ RW 08 Dusun Cile Desa Cirendang Kecamatan Kuningan, Kamis (20/12/2018).

Akibat banjir tersebut, Bengkel milik Yanto (43) terendam setinggi 30cm, jalan raya kuningan – cirebon terendam 50cm dan salahsatu toko modern terendam 30cm. Hal itu mengakibatkan arus lalu lintas tersendat selama 20 menit.

Ketua TP PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama pada saat melintas spontan turun dari kendaraanya dan mencari tahu sebab terjadinya banjir di lokasi tersebut. Dengan sigap, Ika mengecek saluran air yang diduga penyebab meluapnya air ke jalan raya.

“Penyebab terjadinya banjir bukan semata karena hujan lebat. Akan tetapi aliran parit cimenyan tersumbat oleh sampah dan rumput limbah kebun masyarakat yang dibuang ke parit,”terang Ika.

Dibantu beberapa masyarakat, Ika membersihkan sampah yang menumpuk di dalam parit menggunakan alat seadanya, dan mengangkatnya ke atas parit, agar saluran air tidak tersumbat. Sehingga banjir bisa segera surut.

Selang beberapa lama, Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda dan beberapa unsur SKPD diantaranya PUPR, Dinas Lingkungan Hidup,  Aparat Desa, TNI, Polri, Satop PP, Tim Assesment BPBD Kuningan, serta masyarakat, bahu membahu membersihkan gorong-gorong.

“Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, untuk tidak membuang sampah sembarangan. Hal itu akan berdampak buruk dalam musim hujan seperti sekarang,”tegas Ika.

Ditempat yang sama, Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda, berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan, untuk senantiasa mencintai alam. Hindari membuang sampah sembarangan, yang bisa menyebabkan bencana alam.

“Jika kita tidak ingin terjadi bencana alam seperti banjir, maka kita harus bersahabat dengan alam. Bukan dengan membuang sampah ke dalam aliran sungai. Mari cintai alam, lingkungan kita,”himbaunya. 

Kondisi mutakhir, air sudah surut, arus lalu lintas sudah lancar dan pembersihan gorong-gorong masih di kerjakan. (pubdok).




Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: