Navigation

FKCNP Melakukan Aksi Penangguhan Dana Porkir






Humas Setda-Sekitar seratus masa aksi yang menamakan diri sebagai Forum Komunikasi Caleg Non Petahana (FKCNP) melakukan unjuk rasa di depan Halaman Pendopo Pemkab Kuningan, Rabu (16/1). Aksi unjuk rasa ini dilakukan untuk menyikapi rencana realisasi kegiatan dana aspirasi atau Porkir (Pokok-Pokok Pokiran), menjelang pelaksanaan Pemilu serentak tahun 2019.

Para peserta aksi diterima langsung Sekda Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar MSi didampingi Kepala BPKAD Kuningan Apang Suparman SE MSi, Kasat Pol PP Kuningan Indra Purwanto, Kabag Humas Setda Kuningan DR Wahyu Hidayah MSi, Kabag Umum Setda Guruh Zulkarnaen M.Si, Kabag Hukum H. M Budi Alimudin, SE,  M.Si, Kabag Barjas U Kusmana, M.Si, Drs. H. Nana Sugiana M.Si Asisten  Administrasi dan sejumlah pejabat Setda lainnya. Hadir pula Ketua KPU Kuningan Asep Z Fauzi dan komisioner lainnya maupun Anggota Bawaslu Kuningan Abdul Jalil Hermawan dan komisioner lainnya.

Aksi itu dikawal ketat petugas gabungan dari Polres Kuningan, Kodim 0615 Kuningan, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan Kabupaten Kuningan. Aksi berjalan dengan lancar dan kondusif.

Salah satu koodinator aksi, Deki menyampaikan, pihaknya meminta Pemerintah Daerah  untuk menangguhkan anggaran  aspirasi atau porkir anggota DPRD Kabupaten Kuningan, untuk tidak dicairkan/direalisasi hingga tanggal 17 April 2019. Sebab hal itu, dapat berdampak pada pelaksanaan demokrasi.

“Sebab tidak menutupkemungkinan, anggaran  tersebut dapat digunakan untuk mempengaruhi masyarakat dalam menentukan pilihan politiknya. Hal ini bukan berarti menghalangi hak rakyat, tapi hanya meminta ditangguhkan untuk dicairkan setelah Pemilu selesai,” tegasnya.

Peserta aksi lainnya, Nana Rusdiana menilai, momentum ini sebagai upaya untuk menentukan kualitas demokrasi yang akan melahirkan pemimpin yang berkualitas.

“Kami tidak ingin dana pokir yang cair sebelum masa pemilihan akan mencederai pelaksanaan demokrasi,” ujarnya.

Sementara Sekda Kuningan DR H Dian Rachmat Yanuar MSi menuturkan, aspirasi yang disampaikan para peserta aksi akan ditindaklanjuti untuk disampaikan kepada Bupati Kuningan H Acep Purnama SH MH. Hingga saat ini Pemerintah Daerah belum mencairkan dana tersebut dikarenakan belum ada ajuan dari SKPD. Dana tersebut bisa saja cair di Tri wulan pertama, kedua maupun ketiga. Bahkan pengalaman tahun sebelumnya ada dana aspirasi/porkir yang  direalisasikan Bulan September. (nana/pubdok)


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: