Navigation

Atalia : Melalui Batik, Kita Jaga dan Lestarikan Budaya Khas Daerah







KUNINGAN – Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat, Atalia Praratya Kamil, didampingi Wakil Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat, mengunjungi Sentra Batik Khas Kuningan, di Desa Cikubangsari Kecamatan Kramatmulya, Rabu (13/02/2019).

Kunjungannya ke Nisya Batik yang berlokasi di Desa Cikubangsari merupakan titik lokasi terakhir dalam Acara Siaran Keliling (Sarling) di Kabupaten Kuningan. Dalam kunjungannya, Atalia didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Wakil Ketua TP PKK Kuningan, Ny. Yuana Ridho Suganda dan Ketua Dharma Wanita Persatuan Kuningan, Ny. Ella Dian Yanuar.

Dalam kesempatan itu, Atalia berkesempatan melihat langsung proses pembuatan batik. Ia melihat rumitnya memproduksi sebuah batik dan berkesimpulan bahwa kita harus menghargai proses produksi batik itu tidak mudah.

“Uniknya disini untuk motif dan desain batik bisa disesuaikan dengan permintaan konsumen. Saya bangga dan mengapresiasi Nisya Batik milik Bapak Sutisna dalam sebulan bisa menghasilkan lebih dari 2000 potong batik, dengan omzet yang mencapai 80 juta lebih,”papar Atalia.

Di Kabupaten Kuningan ini mempunyai batik khas sendiri, seperti kuda, ikan dewa, bokor, perjanjian linggarjati, gunung ciremai dan lain sebagainya. Ini luar biasa, menunjukan kepada kita bahwa budaya itu tidak boleh sampai hilang dan harus terus kita lestarikan dan tetap dijaga.

“Apalagi ini tertuang dalam sebuah batik yang bisa kita pakai dan kita pergunakan sebagai bentuk kecintaan kita kepada budaya kita,”pungkas Atalia. (pubdok).



Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: