Navigation

Bupati Ajak Masyarakat Untuk Peduli Dan Berpartisipasi Dalam Pembangunan




Humas Setda Kuningan-Sebagai upaya menjaring aspirasi, masukan, Saran serta menyepakati target kinerja daerah, Bupati membuka acara Musrenbang RPJMD Periode 2018-2023, pada Kamis, 21 Februari 2018 di Hotel Horison Tirta Sanita. Acara tersebut dihadiri unsur Forkominda, Pemerintahan, Legislatif, AkademiSi, Ormas, LSM, dan para pemangku kepentingan lainnya.

Setelah Bupati H. Acep Purnama, SH., MH dan Wakil Bupati M. Ridho Suganda, SH., M.Si dilantik, sesuai Permendagri 86 tahun 2017, keduanya harus menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Yang merupakan penjabaran dari Visi-Misi dan janji kampanye sebagai kepala daerah. Sebelumnya, acara tersebut di dahului dengan Pembukaan Pameran Foto “Kuningan Kamari, Kuningan Kiwari”, yang mempertunjukkan hasil foto pembangunan dan gambaran kondisi Kuningan ditinjau dari kacamata para Fotografer Amatir Kuningan, yang tergabung dalam komunitas Kuningan Kreatif.

Musrenbang RPJMD penting untuk dilaksanakan sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kinerja pemerintah daerah, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Kuningan menjadi dokumen yang sangat strategis, antara lain:
1. Media untuk mengimplementasikan janji Bupati dan Wakil Bupati terpilih yang telah disampaikan pada saat kampanye kepada seluruh masyarakat.
2.Penjabaran pelaksanaan RPJPD Kabupaten Kuningan 2005-2025 tahap keempat.
3. Pedoman pembangunan daerah selama 5 (lima) tahun.
4. Pedoman penyusunan rencana kerja tahunan (RKPD) Kabupaten Kuningan.
5. Instrumen mengukur tingkat pencapaian kinerja Kepala Perangkat Daerah selama 5 (lima) tahun.
6.Pedoman penilaian keberhasilan Pemerintahan Daerah dalam penyelenggaraan Pemerintahan Daerah sesuai dengan kewenangan urusan Pemerintahan Daerah yang dimiliki.
7. Pedoman penyusunan RENSTRA tahun 2018-2023 bagi Perangkat Daerah serta pedoman penyusunan RPJMDes bagi seluruh desa di Kabupaten Kuningan.

Seperti diketahui, Pasangan Bupati H. Acep Pumama, SH., MH dan Wakil Bupati M. Ridho Suganda, SH., M.Si telah menetapkan Visi Kuningan yaitu Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) Berbasis Desa Tahun 2023. Ada 5 Misi yang akan diwujudkan yaitu:
1. Membangun tata kelola pemerintahan daerah yang profesional, efektif, demokratis dan terpercaya, dengan jiwa kepemimpinan nu Sajati.
2. Mewujudkan masyarakat Kuningan nu Sajati dalam kehidupan beragama dan bernegara dalam bingkai kebangsaan dan kebhinekaan.
3.Mewujudkan manajemen layanan pendidikan dan kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumber daya manusia nu Sajati.
4. Mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan berbasis pertanian, wisata, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat.
5. Mewujudkan pemerataan infrastruktur untuk mendorong investasi dan penciptaan lapangan kerja dalam lingkungan yang lestari.

Pada Musrenbang RPJMD ini disepakati target indikator kinerja daerah. Dengan kesepakatan ini, visi dan misi serta program prioritas kepala daerah terpilih serta aspirasi masyarakat luas menjiwai seluruh muatan RPJMD Kabupaten Kuningan 2018-2023 yang nantinya akan dioperasionalkan oleh seluruh perangkat daerah sesuai kewenangannya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Kuningan menyampajkan bahwa pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah. Pembangunan daerah sejatinya dapat dikerjakan dengan bergotongroyong, kolaboratif dan kerja sama antar pihak, antara pemerintah masyarakat.

“Jangan saling mengandalkan pihak lain. Berbuatlah sesuatu dimulai dari diri sendiri. InsyaAllah, jika anda ikhlas, kepedulian anda akan berbuah pahala dari Allah SWT. Dari kepedulian anda, satu orang mungkin terhindarkan dari kelaparan. Dan kepedulian anda, masa depan seorang anak mungkin berubah. Dari kepedulian anda, satu keluarga mungkin terselamatkan hidupnya”, ajak Bupati Kuningan.

Lanjut Bupati "Dengan kondisi fiskal Kabupaten Kuningan yang terbatas, upaya kita untuk membangun Kabupaten Kuningan memang harus dilakukan ekstra keras.  Pemerintah Kabupaten Kuningan masih memiliki pekerjaan rumah yang besar, Kuningan masih harus berjuang menurunkan angka kemiskinan dan mengatasi pengangguran. Dan akhirnya kami berharap, visi misi yang akan dituangkan dalam dokumen RPJMD nanti akan menjadi semangat kita bersama dalam membangun Kabupaten Kuningan lima tahun kedepan sekaligus untuk mewujudkan amanat pembangunan jangka panjang yaitu mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai kabupaten agropolitan dan pariwisata termaju di Jawa Barat tahun 2025.(Yogas/Pubdok).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: