Navigation

Bupati : Karya Aan Sugianto Mas Luar Biasa





Humas Setda-Luar Biasa, kata itu terucap dari Bupati Kuningan H. Acep Purnama atas kegiatan pameran seni rupa dan pertunjukan teater “Membaca Aan Sugianto Mas” yang digagas oleh Teater Sado dalam rangka mengenang dan mengapresiasi karya-karya Aan Sugiantomas.di Gedung Kesenian Raksawacana Kabupaten Kuningan. Minggu (16/2/2019).

Bupati Kuningan menuturkan, sosok Pak Aan mengenalnya sejak kecil karena pernah sekolah bareng. Ada hal yang masih diingat ketika itu ia membawa Jambu Air yang tidak ada bijinya ke sekolah kemudian dibagikan. Hal ini menunjukan Pa Aan memiliki kepedulian dan jiwa sosial yang tinggi untuk saling berbagi. 

"Kesehariannya ketika itu sering menggambar dengan obyek yang berbeda. Rupanya jiwa seninya sudah tumbuh sejak kecil. Sejalannya waktu Pa Aan bukan hanya memiliki bakat seni rupa, seni peran (teater), penulis. Tapi juga seniman yang multi telent dengan gayanya yang sederhana tapi kaya akan sebuah karya," ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Kuningan menyaksikan langsung pertunjukan  Teater “Dedes” (Terperdaya atau Memperdaya Menjadi Sah-Sah Saja) karya dari Aan Sugiantomas.

"Luar biasa, ini adalah maha karya yang memiliki nilai seni tinggi. Dan memiliki nilai jual. Saya terpukau dengan penjiwaan para pemeran didukung pencahayaan, dan musik pengiringnya. Dan terpukau lagi kepada Pak Aan atas karyanya ini,"tanggapnya usai menyaksikan pertunjukan Teater Dedes yang sarat dengan makna kehidupan ini.

Sementra itu Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., mengatakan, karya besar yang hari ini dipamerankan dan dipertunjukan, merupakan hasil karya atau buah tangan dari Aan Sugiantomas semasa hidupnya, yang bisa dijadikan inspirasi untuk kita semua.

Ia menerangkan, kita yang ada didalam bagian dari sosok Aan Sugiantomas, merasa bangga karena ada seorang pendidik begitu juga menjadi seorang seniman, yang banyak melahirkan karya – karya besarnya yang disegani dan dikenal banyak orang.

“Pak Aan ini, menurut saya adalah seniman yang bukan hanya fokus di teater peran saja, melainkan beliau juga aktif di seni lukis, seni pahat, seni rupa dan bahkan sampai dengan seni musik. Bagi saya ini adalah salah satu kebanggaan yang sangat luar biasa sekali,” tambahnya

Kegiatan ini dihadiri juga Ketua Dewan Pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., Jajaran Universitas Kuningan (Uniku), Keluarga Besar Aan Sugiantomas, Seniman dan Budayawan, Keluarga Besar Teater Sado, Mahasiswa dan lainnya. (Nana/pubdok).

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: