Navigation

Samsat J'Bret Permudah Masyarakat Bayar Pajak Bermotor



Humas Setda-Para camat diminta kerjasamanya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak kendaraan bermotor. Hal itu disampaikan Bupati Kuningan H. Acep Purnama  pada acara Sosialisasi pajak kendaran bermotor dan inovasi Samsat J'Bret (Samsat Jawa Barat Ngebret), berlangsung di Ruang Rapat Linggarjati. Kamis (27/2/2019).

Bupati Kuningan menjelaskan sosialisasi ini, dalam rangka peningkatan pendapatan Daerah dari sektor pajak kendaraan bermotor yang berdampak pada dana bagi hasil (DBH) Provinsi ke kabupaten /kota  tahun anggaran 2019. Rencananya akan dilaksankan sosialisasi pemungutan PKB yang melibatkan aparat di beberapa kelurahan/desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Kuningan.

Sementara itu menurutnya, Samsat J'bret (Samsat Jawa Barat Ngabret) merupakan inovasi dari Tim pembina Samsat Provinsi Jawa Barat yaitu pembayaran pajak melalui Bank BJB, Gerai Modern (Indomart, Alfa Mart/Midi), fintech (Tokopedia, Bukalapak) dan PPOB yang dilakukan menggunakan aplikasi Smartphone Sambara ( Samsat Mobile Jawa Barat ) yang dapat didownload di play store.

Kepala Pusat pengelolaan Pendapatan Daerah Wilayah Kabupaten Kuningan,Dra. Susiawati M.AP, mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan berkenaan dengan masih adanya pajak kendaran bermotor dari target, dimana  30 persennya  masih ada yang belum membayar kewajibannya membayar pajak motor yang tersebar di kecamatan.  Diharapkan program ini dapat bekerjasama dengan para camat untuk memberikan soaialiasasi kepada warganya untuk membayar pajak tepat waktu. 

"Berdasarkan data yang ada, bahwa di Kuningan ada 15 kecamatan yang mempunyai tunggakan tinggi akan pembayaran pajak bermotor dari masyarakatnya,"ungkapnya.

Dalam rangka memberikan kemudahan kepada masyarakat, Ia menyebutkan bahwa telah diluncurkan berbagai inovasi diantaranya, Samsat Outlet/KCP BJB,  Samsat Keliling (Samling), Samsat Gendong (Samdong), Samsat masuk desa ( Samades), Elektronik Samsat (E-Samsat), Tabungan Samsat (T- Samsat), Samsat Car Free Day (CFD), Samday ( Pelayanan Samsat Minggu di alun alaun Cilimus ), dan Samsat J'Bret (Samsat Jawa Barat Ngabret).

Hadir pada acara tetsebut, Kepala Bapenda Dr. Asep  Taufik Rohman, M.Si, M.Pd.,  Kepala Cabang BJB Kuningan, dan seluruh camat Kab. Kuningan. (Nana/pubdok).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: