Navigation

Bunda PAUD Buka Secara Resmi Seminar Nasional PG-PAUD 2019






KUNINGAN – Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama membuka secara resmi Seminar Nasional PG-PAUD Kabupaten Kuningan Tahun 2019 dengan tema “Menjadi Pendidik Anak Usia Dini Di Era Revolusi Industri 4.0” di Gedung C Lantai 3 STKIP Muhammadiyah Kuningan, Sabtu (02/03/2019).

Seminar tersebut diikuti oleh ratusan peserta dari Guru PAUD TK/RA/KOBER/TPA Se-Kabupaten Kuningan, Mahasiswa PG-PAUD Wilayah III Cirebon, Dosen PG-PAUD/PGSD dan Umum. Dengan Narasumber, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Hermansyah, Kepala Lembaga Sergur UNJ dan Ahli Neorosains AUD, Dr. Totok Bintoro, M. Pd dan Kepala Lab. PAUD Permata UHAMKA dan Ahli PAUD, Susianty Selaras Ndari, M. Pd.

Beberapa topik yang dibahas diantaranya, Teori Pendidikan Anak Usia Dini, Praktek Pembelajaran PAUD, Pengembangan Anak Usia Dini meliputi (Nilai Agamis dan Moral, Kognitif, Bahasa, Sosial Emosional, Fisik Motorik serta Seni), Kebijakan PAUD, Permasalahan Anak Usia Dini dan Parenting.

Dalam sambutannya, Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Ika Acep Purnama memaparkan Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan berbangsa dan bernegara. PAUD dipersiapkan untuk mengikuti pendidikan dasar atau pendidikan lanjutan, oleh karena itu tenaga pendidik perlu disiapkan secara baik melalui diklat maupun seminar.

“Dimana tenaga pendidik melaksanakan tugasnya sebagai pendidik di TPA, KOBER TK dan Satuan PAUD Sejenis, sangat diharapkan memiliki kompetensi sesuai dengan standar pendidikan yaitu kompetensi pendagogik, kompetensi kepribadian, sosial dan professional. Sehingga terwujudnya layanan PAUD yang berkualitas,”papar Ika.

Melalui seminar ini diharapkan guru memahami secara konfrehensip tentang bakat dan minat peserta didik. Hal ini mengandung makna bahwa upaya peningkatan mutu pendidikan harus dimulai dari aspek guru, baik menyangkut kualitas profesionalnya maupun kesejahteraannya dalam suatu manajemen pendidikan yang professional.

Sejalan dengan visi Kabupaten Kuningan yaitu Kuningan MAJU (Ma’mur, Agamis, Pinunjul) berbasis Desa Tahun 2023, dimana salahsatu dari 5 misi yaitu mewujudkan manajemen layanan pendidikan dan kesehatan yang merata, adil, berkualitas dan berkelanjutan dalam menciptakan sumber daya manusia nu SAJATI.

“Saya sebagai Bunda PAUD sangat concern terhadap pendidikan khususnya PAUD, yaitu meningkatkan kualitas sumberdaya manusia melalui penanaman nilai agama, peningkatan kualitas pendidikan, kesehatan, daya saing dan pengarasutamaan gender dalam kehidupan berbudaya dan harmonis, serta peningkatan kompetensi guru, hal itu merupakan bagian integral dari pembangunan daerah,”terang Ika. (pubdok).

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: