Navigation

GEBYAR PAUD TAHUN 2019 Sebagai Ajang Silaturahmi dan Ajang Kreatifitas









Humas Setda Kuningan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan Bidang PAUD Dikmas menggelar kegiatan Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2019, di Mayang Convention Hall Kuningan, Kamis (28/03/2019). Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini merupakan ajang silaturahmi bagi pengelola dan penyelenggara pendidikan anak usia dini se-Kabupaten Kuningan.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si dalam laporannya, kegiatan Gebyar PAUD juga sebagai ajang kreatifitas peserta didik PAUD, Guru, Tutor, Penilik maupun Pengawas.

“Serta dilakukan juga prosesi pengukuhan Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Kabupaten Kuningan. Dan pemberian Anugerah Apresiasi PAUD kepada 32 orang tokoh masyarakat yang telah berjasa kepada pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kuningan,”terang Maman.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dalam sambutannya, atasnama pribadi dan Pemerintah menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya teriring ucapan selamat dan sukses kepada Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan dan Desa Se-Kabupaten Kuningan yang telah dikukuhkan oleh Bunda PAUD Kabupaten Kuningan  serta kepada penerima Anugerah PAUD Tahun 2019.

“Hal ini tentunya menjadi momentum yang sangat strategis dalam rangka mendorong peningkatan mutu dan layanan  pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini di Kabupaten Kuningan,”terangnya.

Pemerintah Kabupaten Kuningan memiliki kewajiban untuk memberikan perhatian lebih terhadap penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini, terlebih pada tanggal 8 September 2017 bersama dengan peringatan Hari Aksara Internasional di Kabupaten Kuningan telah mencanangkan wajib Pra SD yang artinya anak usia 5-6 tahun wajib dilayani pada jenjang PAUD formal (Taman Kanak-Kanak). Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terus melakukan optimalisasi peningkatan pelayanan dan peningkatan mutu terhadap jenjang Pendidikan Anak Usia Dini.

“Hal ini terbukti dengan peningkatan DAK Non Fisik BOP PAUD yang Tahun 2016 hanya 8 Milyar, Tahun 2017 menjadi  13 Milyar, kemudian Tahun 2018 menjadi 15 Milyar, serta Tahun 2019 menjadi 18 Milyar ditambah dengan bantuan Provinsi sebesar 19 Milyar yang diperuntukan untuk pengadaan alat permainan edukasi semua lembaga PAUD di Kabupaten Kuningan,”papar Dian.

Kemudian Tahun ini pula kita mendapat Dana Non Fisik Pendidikan Kejar Paket Setara SD, SMP dan SMA sebesar 8 Milyar. Artinya masyarakat Kabupaten Kuningan yang tahun ini mengikuti pendidikan kejar paket A, B maupun C dipastikan tidak dipungut biaya.

“Kesemuanya itu menunjukan upaya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan sungguh serius dalam melakukan penanganan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat di Kabupaten Kuningan,”pungkas Dian.

Gebyar PAUD Tingkat Kabupaten Kuningan Tahun 2019 dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, Drs. H. Maman Hermansyah, M.Si, Kabid PAUD Dikmas, Elon Carlan,  Bunda PAUD Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Ella Dian, Ketua PGRI Kabupaten Kuningan, Pengurus PKK serta ribuan tamu undangan dari Desa/Kelurahan Se-Kabupaten Kuningan. (handy).


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: