Navigation

Wakil Bupati Buka Rakor Persiapan Verifikasi P2WKSS Tahun 2019







KUNINGAN – Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda membuka secara resmi Rapat Koordinasi (Rakor) Tingkat Kabupaten dalam rangka Persiapan Verifikasi Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), di Ruang Rapat Linggarjati, Rabu (06/03/2019).

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Kuningan, M. Ridho Suganda memaparkan beberapa peranan perempuan yang sudah tidak bisa lagi dipandang sebelah mata. Diantaranya, perempuan Indonesia mempunyai peran kontribusi dan tanggungjawab yang sama dengan laki-laki dalam menyukseskan pembangunan.

Program Terpadu P2WKSS merupakan salahsatu upaya pemerintah bersama-sama dengan masyarakat untuk menanggulangi kemiskinan melalui peningkatan peran perempuan dalam pembangunan.

“Program ini merupakan salahsatu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat, sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat desa/kelurahan, dengan perempuan sebagai motor penggeraknya,”terangnya.

Dalam tahun 2019 ini, Program P2WKSS di Desa Jambar ada sedikit perubahan mengenai kategori sebagamana program Provinsi dengan adanya tambahan “Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (SEKOPER CINTA) dan Ngabring Ka Sakola (NGABASO).  

“Diharapkan akan membantu masyarakat Desa Jambar khususnya kaum perempuan mempunyai peran yang lebih baik sebagai istri pendamping suami maupun sebagai anggota masyarakat. Yang pada akhirnya dapat meningkatkan taraf hidup ekonomi keluarga melalui peningkatan pemahaman dan keterampilan dan pemberdayaan di berbagai bidang, baik pendidikan, kesehatan, ekonomi dan sosial,”harapnya.

Dengan telah dibentuknya Tim Pengelola Program Terpadu P2WKSS, Berdasarkan Keputusan Bupati Kuningan Nomor : 260/KPTS.44-Dinsos PP/PA 2019 Tanggal 18 Januari 2019 Tentang Pembentukan Tim Teknis Pengelola Pelaksanaan Program Terpadu Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat dan Sejahtera (P2WKSS) Di Desa Jambar Kecamatan Nusaherang Kabupaten Kuningan Tahun 2019.

Ia berharap semua SKPD yang terkait dapat membantu terobosan-terobosan ataupun program-program kegiatan. Dengan beberapa cara diantaranya, adanya komitmen dan sinergitas program dari SKPD terkait agar dapat mengalokasikan kegiatan langsung ke desa lokasi binaan P2WKSS. Kemudian melaksanakan pembinaan atau penyuluhan sebagaimana jadwal yang nanti akan disampaikan dan memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan desa.

“Selanjutnya melaksanakan pemantauan dan evaluasi terhadap kebutuhan-kebutuhan desa yang belum dipenuhi dan menjalin komunikasi dan turut memonitor pelaksanaan di lapangan,”harapnya.

Hadir dalam rakor tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Kuningan, Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, Ketua Tim Penggerak PKK, Hj. Ika Acep Purnama, Ketua Dharma Wanita Persatuan, Ny. Ella Dian, beberapa Kepala Dinas, Badan, Bagian Para Pengelola Program P2WKSS, Lembaga BUMN/BUMD/Perbankan dan Akademisi. (Donis/Pubdok).

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: