Navigation

EVENT-EVENT INTERNASIONAL TUJUANNYA ADALAH KESEJAHTERAN MASYARAKAT




Promosi dan pengelolaan pariwisata yang baik akan menggerakkan roda ekonomi dengan multiplier effect-nya, bila dilakukan dalam satu harmoni oleh semua pemangku kepentingan, pemerintah mempunyai peranan penting dalam meningkatkan sektor pariwisata yang akan berdampak pada naiknya kunjungan wisata, lokal, nusantara dan mancanegara.
Masyarakat menjadi tujuan utama dalam peningkatan ekonomi suatu daerah. Semua stakeholder akan merasakan dampak positifnya. Penerbangan meningkat, hunian, akomodasi, penginapan, homestay akan naik, juga restoran dan rumah makan dan tempat jual oleh-oleh menjadi ramai. Travel agent sudah pasti dapat orderan, transportasi udara, darat dan laut ke destinasi selaku dipenuhi wisatawan.
Pemandu wisata dapat pekerjaan, termasuk pekerja di destinasi seperti ojek, sopir dan  juru parkir mendapatkan pemasukan uang dari majunya destinasi wisata tersebut.
Untuk itu, pemerintah perlu merangkul semua pihak yang terlibat harus mempertimbangkan profesionalitas dalam memajukan obyek ataupun destinasi wisata.
Pembangunan harus sesuai keinginan dan pasar wisatawan bukan berdasarkan keinginan yang membangun, apalagi hanya sekadar ada proyek untuk memenuhi daya serap anggaran belanja daerah atau negara. Multiplier effect yang diharapkan hanya akan menjadi angan semata. 
Pemerintah Kabupaten Kuningan sudah meletakan pondasi pariwisata, baik melalui event-event yang bertaraf nasional dan internasional, sebut saja kemarin Pemkab Kuningan menyelenggarakan suatu festival yang bertaraf internasional yaitu festival angklung internasional dan gowes wisata waduk darma.
Sektor pariwisata di Kuningan menunjukkan perkembangan menggembirakan. Tanpa melihat angka, dinamika itu antara lain bisa dirasakan lewat kemacetan di jalan menuju objek-objek wisata pada akhir pekan atau hari-hari libur, apalagi jika long weekend sudah bisa dipastikan jalan di Kabupaten Kuningan akan terlihat macet dan penuh oleh para pelancong yang ingin menghabiskan waktunya di tempat wisata yang ada di Kabupaten Kuningan.
Sekda Kuningan DR. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si memprediksi dalam 2 tahun kedepan Kuningan akan menjadi tujuan pariwisata baik nasional maupun internasional, dalam penyelengaraan festival angklung kemarin 120 club sepeda, dari 20 Kabupaten dan Kota dengan kurang lebih 6000 peserta datang ke Kuningan, berapa uang yang mereka keluarkan di Kabupaten Kuningan minimal hanya untuk jajan dan makan di sekitar acara.
Kedepan Dian sapaan akrab Sekda mengharapkan ketika Pemerintah menyelenggarakan suatu event besar, masyarakat Kabupaten Kuningan harus siap dengan efect yang akan terjadi, masyarakat harus siap dengan cendera mata seperti kaos, atau barang-barang khas kuningan yang dibuat dengan unik sehingga dapat menjadi kesan untuk dapat kembali lagi ke Kabupaten Kuningan untuk berwisata.
Tujuan dari adanya event-event besar di Kabupaten Kuningan sebetulnya untuk menciptakan kesejahteraan bagi masyarakat Kabupaten Kuningan, masyarakat jangan hanya menjadi penonton, tapi harus mampu menghasilkan nilai ekonomis yang dapat meningkatkan pendapatan dari sektor tersebut, itu yang dinamakan dengan multiplier effect, masyarakat Kabupaten Kuningan harus siap. Tutup Dian. *DoniS*


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: