Navigation

Ika Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kementerian Sosial RI







Humas Setda Kuningan – Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Acep Purnama didampingi Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, H. Dadang Supardan, menerima Tim Verifikasi dari Kementerian Sosial, di Pendopo Kabupaten Kuningan, Rabu (22/05/2019).

Keseriusan dan kegigihan Hj. Ika Acep Purnama di bidang sosial terutama memperhatikan Kaum Lanjut Usia di Kabupaten Kuningan selama ini, diapresiasi oleh Dinas Sosial Kabupaten Kuningan. Hal itu dibuktikan oleh Dinas Sosial Kabupaten Kuningan dengan mengusulkan Hj. Ika Acep Purnama ke tingkat Provinsi belum lama ini.

Setelah dilakukan kurasi dari masing-masing Kabupaten/Kota di Jawa Barat, Hj. Ika Acep Purnama kemudian di usulkan oleh Provinsi ke tingkat Nasional melalui Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia, sebagai Calon Penerima Penghargaan Tokoh Peduli Lansia. Acara Puncak Hari Lanjut Usia Nasional 2019 akan dilaksanakan pada Juli 2019 di Lapangan Arcamanik Kota Bandung, Jawa Barat.


Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan, H. Dadang Supardan, memaparkan beberapa indikator Dinas Sosial mengusulkan Hj. Ika Acep Purnama sebagai Calon Penerima Penghargaan Tokoh Pedulu Lansia. Karena beliau konsen terhadap kebijakan program dan kegiatan pelayanan terhadap para lanjut usia, meliputi pengobatan gratis bagi lansia, bantuan usaha ekonomis produktif kepada lanjut usia potensial, pemberian sembako kepada lanjut usia korban bencana alam di Hunian Sementara (huntara) melalui Safari Ramadhan setiap tahun.

“Kemudian perbaikan rumah lanjut usia, menggelaar secara rutin senam lansia seminggu sekali yang bekerjasama dengan Lembaga Lanjut Usia Indonesia dan menggebyarkan majelis taklim untuk lansia bekerjasama dengan Muslimat NU Kabupaten Kuningan,”papar Dadang.

Dalam ekspose nya, Hj. Ika Acep Purnama mengucapkan terima kasih kepada Plt. Kepala Dinas Sosial Kabupaten Kuningan yang telah mengajukan saya selaku Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) untuk mendapat penghargaan dalam bidang Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia dari Kementerian Sosial Republik Indonesia Tahun 2019.

“Salahsatu garapan LKKS Kabupaten Kuningan adalah memberdayakan masyarakat lanjut usia. Lanjut usia adalah salahsatu masalah penting dalam masyarakat yang perlu mendapatkan perhatian khusus,”papar Ika dihadapan para tim verifikasi.

Suatu bangsa atau daerah yang berbudaya dan memiliki ikatan kekeluargaan yang tinggi akan menghargai peran serta kedudukan para lanjut usia baik itu dalam keluarga maupun masyarakat. Sebagai warga yang telah berusia lanjut, para lansia mempunyai kebajikan, kearipan serta pengalaman berharga yang dapat diteladani oleh para generasi muda.
  
“Saya selaku Ketua Umum LKKS Kabupaten Kuningan senantiasa mendorong Dinas Sosial untuk lebih memberdayakan Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKS-LU) yang ada di Kabupaten Kuningan untuk membantu pemerintah lebih memperhatikan para lansia yang ada di Kabupaten Kuningan, terutama para lansia yang sudah tidak potensial,”terangnya.

Tim Verifikasi yang dipimpin oleh Dra. Dewi Rani, M.Si, dan beberapa tim diantaranya, Heru Sutopo, S. Sos, Dra. Dhiah Roasmalawati dan Adriansyah, SE, usai melakukan dialog dengan Calon Penerima Penghargaan Tokoh Peduli Lansia, kemudian melakukan verifikasi langsung ke lapangan guna bertemu langsung dengan para lansia yang selama ini mendapatkan pembinaan dari LKKS Kabupaten Kuningan atau mendapatkan pembinaan secara pribadi dari Hj. Ika Acep Purnama. (handy).









Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: