Navigation

Ketua TP PKK Kuningan Beri Motivasi Peserta SEKOPER CINTA







Humas Setda Kuningan – Program yang diluncurkan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, yakni Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita (SEKOPER CINTA) terus gencar disosialisasikan di Kabupaten Kuningan. Dimana rintisan penyelenggaraannya mulai dilaksanakan di Desa Jambar sebagai lokasi Desa P2WKSS Tahun 2019.

Sosialisasi dan pembinaan secara massif dilakukan oleh Bidang PP dan PA Dinas Sosial di Aula Desa Jambar Kecamatan Nusaherang, Jum’at (09/08/2019). Dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika, dan didampingi jajaran pengurus PKK.

Kepala Bidang Pemberdayaan Perempuan, Hj. Iin Hartini, S.Sos, M.Si dalam laporannya, memaparkan Program SEKOPER CINTA merupakan wadah bagi perempuan Jawa Barat usia 16 tahun s/d 40 tahun untuk bertukar pengetahuan dan pengalaman dengan mengikuti program selama tiga bulan di desa masing-masing dilatih oleh fasilitator yang terlatih serta diharapkan bisa meningkatkan kualitas hidup kaum perempuan . Program direncanakan selama lima tahun dan SOP SEKOPER CINTA diantaranya, modul pelatihan dasar, modul thematik, pedoman pengajar dan jingle motivasi lagu Sekoper Cinta.

“Tujuannya untuk mengarahkan Desa mempunyai produk khas (One Village One Product), dilombakan antar Desa, diberikan sertifikat yang bernilai kebiasaan yang bisa ditawarkan dan di Wisuda, alumni akan terhubung dengan mitra kerja yang telah dibentuk, menurunkan angka perceraian dan menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan,”terangnya.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kuningan, Hj. Ika Siti Rachmatika dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Ibu-ibu peserta SEKOPER CINTA di Desa Jambar yang telah siap, penuh semangat, bersedia meluangkan waktu disela-sela kesibukan mengurus keluarga untuk belajar banyak hal di SEKOPER CINTA.

“Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan saat ini tengah melaksanakan berbagai kegiatan pembangunan di berbagai bidang, termasuk pemberdayaan perempuan yang merupakan potensi sumber daya manusia untuk tercapainya program pemerintah daerah,”paparnya.

Program SEKOPER CINTA diinisiasi oleh banyaknya permasalahan perempuan disekitar kita, seperti, Pernikahan Usia Anak, Prevalensi Stunting, Kekerasan dan Perdagangan Orang yang menimpa perempuan dan anak perempuan dan Perceraian. Dengan demikian permasalahan yang dihadapi perempuan Jawa Barat banyak disebabkan oleh kurangnya pengetahuan, keterampilan dan kemampuan. Untuk itu, program SEKOPER CINTA dikembangkan untuk mendukung peningkatan pemberdayaan perempuan, menuju “Perempuan Juara, JABAR JUARA”.

“Selamat mengikuti pembelajaran di Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-cita ini hingga 12 hari pertemuan. Selanjutnya nanti di Wisuda oleh Ibu Gubernur Jawa Barat di Bandung. Semoga kegiatan ini dapat dilaksanakan secara kontinyu, sehingga akan semakin banyak perempuan Kabupaten Kuningan yang meningkat kapasitas dan citra dirinya,”pungkas Ika. (handy)


Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: