Navigation

PROGRAM APEL UNTUK MENINGKATKAN PEDULI LINGKUNGAN





Dalam rangka penegakkan PERDA nomor 10 tahun 2009 tentang pelestarian satwa burung dan ikan, pemerintah Kabupaten Kuningan mengadakan kegiatan peningkatan partisipasi aparatur terhadap lingkungan dengan melaksanakan program Aparatur Peduli Lingkungan (APeL), yang diikuti oleh 200 orang peserta (21/8/2019) di UPTB BKPSDM Kabupaten Kuningan.
        Acara ini diselenggarakan untuk mendukung tercapainya misi ke-4 Kabupaten Kuningan yaitu mewujudkan pembangunan kawasan perdesaan berbasis pertanian, wisata, budaya dan potensi lokal untuk mempercepat pertumbuhan serta pemerataan ekonomi rakyat. Sebanyak 8.724 penanaman bibit pohon, 600 ekor pelepasan satwa burung dan 774.000 ekor penebaran benih ikan telah dilakukan dari kurun waktu 2010-2018. Papar Devi Ketua pantia ApeL.
        Kegiatan Aparatur Peduli Lingkungan ini tersebar di beberapa lokasi, yakni di Kebun Raya Kuningan Padabeunghar, Taman Kota dan Hutan Kota serta di beberapa kecamatan dan kelurahan di wilayah Kabupaten Kuningan.
Dilakukan pula pelepasan beberapa ekor burung di akhir acara serta  penyerahan tempat sampah sebanyak 30 set kepada ketua tim penggerak PKK Kabupaten Kuningan oleh Perwakilan PNS yang telah memperoleh pelayanan kenaikan pangkat periode April 2019 serta diklat calon Kepala Sekolah tahun 2019.
Kawasan Situ Cilimus Desa Cilimus saat ini menjadi salah satu tempat pelepasan burung dan penebaran benih ikan. Dengan tersebarnya obyek kegiatan ini, diharapkan agar dijaga, dipelihara dan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mewujudkan Kabupaten Kuningan sebagai Kabupaten Konservasi Berbasis Desa Pinunjul.
Sementara itu Sekretaris Daerah Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M.Si dalam sambutannya mengatakan, melestarikan lingkungan hidup merupakan kebutuhan yang tidak bisa ditunda lagi dan bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau pemimpin negara saja, melainkan tanggung jawab setiap insan di bumi ini. Setiap orang harus melakukan usaha untuk menyelamatkan lingkungan hidup di sekitar kita sesuai dengan kapasitasnya masing-masing.
Pelestarian lingkungan dan keselamatan ekosistem menjadi tanggung jawab kita bersama, dan atas konsistensi PNS terhadap program ApeL ini saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Kuningan, mengucapkan terima kasih, mudah-mudahan kegiatan ini bermanfaat khususnya bagi lingkungan sekitar dan umumnya bagi kelestarian lingkungan Sumber Daya Alam dan lingkungan Kabupaten Kuningan.
Sebelum mengakhiri sambutannya, sekda berpesan kepada seluruh PNS yang telah memperoleh pelayanan kepegawaian dan rekan pengelola kepegawaian, untuk terus tingkatkan kinerja dan profesionalisme dalam memberikan pelayanan terbaik kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kuningan. (Lusy Rachmawati)

Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: