Navigation

Wabup Buka Pergelaran Wayang Golek Di Desa Windujanten



Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, M.Si., mengatakan kesenian wayang golek merupakan salah satu kesenian tradisional yang sudah begitu dikenal serta digemari oleh seluruh lapisan masyarakat. Bahkan kesenian wayang golek telah dijadikan sebagai budaya nasional yang diwariskan nenek moyang bangsa Indinesia.
‘Wayang golek merupakan karya adiluhung sebagai hasil proses asimilasi  dan akulturasi peradaban nenek moyang. Oleh karena itu, kesenian wayang golek tidak hanya dikenal di kalangan masyarakat Jawa Barat dan Indonesia, namun mancanegara telah mengenal wayang golek sebagai kesenian yang memiliki nilai seni tinggi,’ kata Wakil Bupati Kuningan H. M. Ridho Suganda, saat menghadiri Pergelaran Wayang Golek di Desa, Bayuning, Kecamatan Kadugede, Sabtu (24/8/2019) malam.
Ia berharap melalui pergelaran Wayang Golek dalam rangka memeriahkan HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-74 dan Milangkala ke-521 Kuningan, diaharpkan menjadi sarana untuk tetap menjaga tali silaturahim antara pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Kuningan serta dapat menumbuhkan cinta untuk melestarikan seni buadaya daerah.
Menurutnya, lakon atau cerita dalam pergelaran wayang golek memiliki nilai luhur dan ajaran moral yang dapat memberikan pelajaran bagi masyarakat. Ia meyakini bahwa media wayang golek dapat mengantarkan untuk menggali kembali nilai-nilai luhur adan ajaran moral sekaligus mengokohkan bangsa.
“Wayang golek merupakan salah satu media yang bermanfaat sebagai sarana penyebarlauasan informasi pembangunan, pesan-pesan pembangunan dan kemasyarakatan. Semoga kita terinspirasi dengan lakon yang mampu menggugah semangat dalam melaksanakan pembangunan dalam mewujudkan masyarakat Kuningan Ma’mur Agamis Sejahtera,” paparnya. (HADI/Pubdok) 
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: