Navigation

Puskesmas Ciniru di Akreditasi





Humas Setda Kuningan-Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda, M.Si menerima tim Survey Akreditasi FKTP UPTD Puskesmas Ciniru. Kamis (10/10/2019).

Akreditasi ini dalam upaya peningkatan mutu pelayanan puseksmas dengan pengukuran yang tergambar dari sarana pelayanan kesehatan dan membandingkannya dengan target sesungguhnya atau harapan tertentu untuk peningkatan mutu. Maka untuk menjamin bahwa upaya perbaikan mutu dan peningkatan kinerja dilaksanakan secara berkesinambungan di puskesmas, maka perlu dilakukan penilaian dari Kementerian Kesehatan RI dengan menggunakan standar yang diterapkan yaitu melalui mekanisme akreditasi. 

Dalam sambutannya Camat Ciniru Drs. Jaenudin menyampaikan bahwa dengan di akreditasinya Puseksmas Kecamatan Ciniru ini merupakan suatu pertanada Kecamatan Ciniru akan lebih maju dalam berbagai bidang pembangunan, serta hari ini mendapatkan kesempatan penilaian.

Bahwa penyelenggaraan akreditasi puseksmas ini meliputi tahapan survei dan tahapan penetapan akreditasi, unsur yang dinilai dalam pelaksanaan akreditasi puskesmas meliputi administrasi dan manajemen, penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat, dan upaya kesehatan perorangan. Dimana survei akreditasi ini dilakukan oleh surveior akreditasi yang kompeten untuk melakukan survei akreditasi secara objektif yang di dasarkan pada standar, kriteria, dan elemen penilaian yang ada pada standar akreditasi.

Sementara itu Wabup mengutarakan bahwa Kabupaten Kuningan merupakan kali ketiga melalui proses akreditasi puskesmas, pada tahun 2017 Kabupaten Kuningan sudah menyelenggarakan akreditasi untuk 11 puskesmas, dengan hasil 1 puskesmas terakreditasi utama, 9 puskesmas terakreditasi madya dan 1 puskesmas terakreditasi dasar. Untuk tahun 2018 Kabupaten Kuningan menyelenggarakan akreditasi untuk 10 puskesmas dengan hasil 2 puskesmas terakreditasi utama, dan 8 puskesmas terakreditasi madya.

"Dan untuk tahun 2019 ini, Kabupaten Kuningan sedang melakukan proses akreditasi untuk 16 puskesmas, untuk tahapan pertama ini akan disurvei untuk puskesmas Kecamatan Karangkancana, dan Puskesmas Kecamatan Ciniru, dengan harapan kualitas mutu pelayanan kesehatan dapat meningkat dengan baik yang sesuai dengan perwujudan Visi Misi Kuningan MAJU " Ungkapnya.

Harap Wabup untuk seluruh puskesmas di Kabupaten Kuningan kedepan dapat terakreditasi seluruhnya, dan mari kita mendharmabaktikan diri kita pada masyarakat, semoga dengan adanya akreditasi ini bisa memantapkan kualitas pelayanan puskesmas dalam mewujudkan masyarakat Kuningan yang lebih sehat lagi. (Dimas).
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: