Navigation

Wabup Tinjau Pembangunan Huntap Usai Acara TKSK








Humas Setda-Usai menghadari Satu Dasawarsa 10 tahun Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) berlokasi di Hunian Sementara Desa Cipakem, Kec. Maleber. Wakil Bupati Kuningan H.M Ridho Suganda  meninjau juga pembangunan  Hunian Tetap (Huntap) warga Dusun Cigerut Wetan dan Cigerut Kulon Desa Cipakem akibat bencana longsor yang terjadi tahun 2018, Senin (14/10)
Ketua panitia Eka Purnama, SPd. dari TKSK, mengatakan, bahwa kegiatan kali ini merupakan Satu Dasawarsa TKSK mengabdi untuk negeri dengan tema sinergisitas penanganan Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) menuju Kuningan Makmur.
TKSK adalah pilar sosial yang memiliki peran  untuk membantu penyelenggaraan sosial  sesuai dengan lingkup wilayah penugasannya  di kecamatan. Selain itu TKSK  merupakan mitra  kerja Pemerintah Daerah Kab. Kuningan dengan PSKKS lainnya, yaitu LKKS, PSM, Karang Taruna, Tagana, LKS, LK3, Pendamping PKH. Ada  26 permasalahan kesejahteraan sosial yang menjadi perhatian. Namun kali ini  dilakukan juga kegiatan bhakti sosial   bantuan Santunan sosial, donor darah, dan  pemberian kartu PBI JKN/KIS.
Bertepatan  dengan satu Dasawarsa 10 tahun TKSK, Wabup Berharap, TKSK mampu berdikari dan sampai dengan sekarang telah menjadi mitra kerja tetap pemerintah  daerah Kabupaten Kuningan dalam membantu mensejahterakan masyarakat, hingga kedaerah perbatasan  dan mampu meningkatkan derajat sosial masyarakat Kuningan. Dan masalah Sosial ini merupakan tanggungjawab kita bersama.
“Sungguh kami sangat apresiasi  kepada TKSK yang selalu siap dalam mendukung pemberdyaan masyarakat Kuningan terutama para pemerlu pelayanan kesejahteraan (PPKS). Hari ini juga TKSK mampu menyelenggarakan Bhakti Sosial sebagai bentuk rasa empati terhadap sesama. Untuk itu mari kita tumbuhkan  rasa nasionalisme melalui kebersamaan  guna mempererat persatuan dan kesatuan memperkokoh mental yang tidak mudah menyerah pada keadaan,”ungkapnya.
Dihadapan warga yang berada di Hunian Sementara ini Wabup, mengatakan,  adanya bencana ini mungkin juga  disebabkan oleh kita. Untuk itu mari kita jaga dan pelihara lingkungan. Dan tetaplah optimis dan semangat untuk menghadapinya, ini menjadi tanggungjawab bersama untuk penyelesainnya.
Sementara itu, Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kuningan Hj. Ika Acep Purnama, SE,  menyampaikan selamat kepada TKSK Kabupaten Kuningan yang sudah 10 tahun menjadi mitra  kami dengan mengedepankan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. “Kita bersama-sama  mencoba menciptakan inovasi dan terobosan  baru dalam pengembangkan model pelayanan guna mengatasi permasalahan dibidang  kesejahteraan sosial, karena persoalan yang menimpa bangsa ini bukan hanya merupakan tanggung pemerintah saja  akan tetapi menjadi tanggungjawab bersama seluruh komponen bangsa,”katanya.
Dalam kesempatan itu, Wabup  juga meninjau pembangunan Hunian Tetap (Huntap) warga Dusun Cigerut Wetan dan Cigerut Kulon Desa Cipakem akibat bencana longsor yang terjadi tahun 2018, yang sementra ini ditampung di Hunian Sementra (Huntara) berdekatan dengan Balai Desa Cipakem yang menjadi lokasi kegiatan TKSK ini.
Kesra Cipakem, Romli menyampaikan terimakasih kepada TKSK dan pihak lainnya  yang sudah memfasilitasi  memberikan bantuan semoga ada manfaatnya bagi warga. Begitu juga kepada pemerintah yang sudah merelokasi warga untuk diberikan Hunian Sementara yang kini akan berpindah ke Huntap yang sedang dibangun. Berlokasi di Blok Sarana Desa Cipakem dengan luas lahan 4,75 ha yang diperuntukan untuk  176 KK dengan 676 jiwa. Yang sebelumnya tanah ini kebun bukit, tapi sekarang sudah diratakan dan pembangunan sudah dimulai. (nana/Pubdok)  
Share
Reactions

HUMAS SETDA KAB. KUNINGAN

Humas setda kabupaten kuningan Jl. siliwangi no 88. Kuningan

Post A Comment:

0 comments: